Tips Menangani Anak Asma Kata Zaskia Adya Mecca

Rivan Yuristiawan17 Okt 2019, 20:24 WIB
[Fimela] Zaskia Adya Mecca

Fimela.com, Jakarta Zaskia Adya Mecca berbagi cerita bagaimana menangani anak-anaknya yang mengidap asma. Menurut istri dari Hanung Bramantyo tersebut, ada beberapa hal yang bisa membuat anak-anak pengidap asma bisa terbebas, atau setidaknya tidak terlalu sering kumat.

Ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019), ibu empat anak tersebut menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pertolongan pertama saat asma yang diidap anak-anaknya kambuh. Satu hal yang diperlukan menurut Zaskia Adya Mecca adalah pentingnya keberadaan alat nebulizer di rumah.

"Karena anak udah tiga yang kena asma, aku sudah lumayan tahu bagaimana penanganannya. Jadi sekarang kita siap Nebulizer di rumah. Itu alat untuk uap gitu, harganya Rp300.000 juga udah ada," ungkap Zaskia Adya Mecca.

"Jadi buat orang tua yang anaknya udah kena asma, Nebulizer di rumah paling mahal harganya Rp700.000," tambah Zaskia Adya Mecca.

 

Perbanyak Aktivitas Anak

[Fimela] Zaskia Adya Mecca
Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Selain persiapan alat uap di rumah, hal yang tak kalah penting menurut Zaskia Adya Mecca adalah membiasakan anak-anak melakukan beberapa aktivitas tertentu.

Satu yang dianggapnya penting adalah membiasakan anak-anak rutin melakukan olahraga renang. Renang dipercaya mampu menanggulangi penyakit asma lantaran berhubungan dengan pernapasan.

"Anak kita itu harus banyak aktivitas. Banyak yang bilang harus banyak berenang, saya mengalami ketika Cybil di atas usia 6 tahun imun tubuhnya lebih baik tubuhnya lebih kuat, kambuh asma itu jarang terjadi," jelasnya.

Mengetahui Penyebab Asma

[Fimela] Zaskia Adya Mecca
Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Lebih lanjut, Zaskia Adya Mecca juga menjelaskan sangat perlu mengetahui tentang spesifikasi detil penyebab asma terjadi. Menurutnya, hal tersebut agar tak terjadi kesalahan penanganan pada anak-anak.

"Ada tes alergi darah, sekali ambil darah, 2 hari kemudian keluar semua informasi alerginya apa. Jadi sekarang aku udah tahu pantangan alergi buat anak aku apa aja," pungkasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓