Sukses dengan Film Susi Susanti: Love All, Sutradara Sim F Fokus Bina Talenta Muda Lewat Kompetisi

Rivan Yuristiawan07 Des 2019, 13:08 WIB
Lensa Community

Fimela.com, Jakarta Sukses menggarap film Susi Susanti: Love All, sutradara Sim F hadir dengan project terbaru. Sebagai salah satu orang yang concern terhadap industri kreatif, khususnya dalam hal visual, ia bekerjasama dengan Lensa Community mencari bibit-bibit muda di bidang industri visual melalui sebuah kompetisi.

Melalui Lensa Academy, sebuah kegiatan workshop & competition bagi para pegiat seni visual berbasis lensa yang dijalankan di 10 kota besar di Indonesia selama Januari – Oktober 2019, akhirnya Sim F mendapat empat pemenang untuk ikut dalam kegiatan Lensa Project Capture Vietnam.

Lensa Community
Lensa Community mencari bibit-bibit muda di bidang industri visual melalui kompetisi. (Istimewa)

"Ini challenging buat saya. Profesi saya lebih ke TVC dan film director. Tapi di sini saya harus mengkurasi ratusan video dan foto dari berbagai kota. Akhirnya dipilih 8 peserta yang ke Jakarta dan akhirnya harus dipilih 4 peserta yang ke vietnam," kata Sim F selaku Project Leader Lensa Community saat ditemui di Senayan City, Jum'at (6/12/2019).

Kegiatan Project Capture Vietnam ini sendiri diikuti para pegiat seni visual berbasis melalui instagram @lensacommunity periode 24 Juli 2019 – 28 Oktober 2019. Setelah melewati waktu yang panjang, empat nama yang beruntung bisa mengeksplorasi berbagai daerah di Vietnam antara lain Alisyam seorang videografer dari Yogyakarta, Amri Rossada seorang drone pilot dari Jakarta, Hari Obbie seorang vlogger dan lulusan terbaik Lensa Academy Malang, dan Hutomo Abrianto seorang fotografer dan lulusan terbaik Lensa Academy Yogyakarta.

"Kalau akhirnya mereka terpilih ke Vietnam, ini yang terpenting, mereka harus punya konsep. Kalau skill saya kira semua nggak berbeda jauh ya," tutur Sim F kemudian.

Pengalaman Berharga

Lensa Community
Lensa Community mencari bibit-bibit muda di bidang industri visual melalui kompetisi. (Istimewa)

Mendapat kesempatan untuk mengeksplore berbagai aspek yang ada di Vietnam tak ayal menjadi sebuah pengalaman berharga bagi para peserta terpilih. Alisyam salah satu yang beruntung mendapat kesempatan tersebut pun berbagi cerita soal sulitnya mendapatkan momen terbaik di Vietnam. Bahkan dirinya sempat muntah ketika berada di sana.

"Keadaan begitu semrawut, sangat sulit. Banyak orang lalu-lalang. Sehingga sempat bingung mau ambil apa ya? Tapi bagaimanapun kita tetap harus mengeksplore dengan baik," kata Alisyam.

 

Pamer Hasil

Setelah melewati perjuangan panjang, keempat pemenang yang berkesempatan mengeksplorasi Vietnam pun akhirnya memamerkan karya mereka lewat Visual Collaborative Exhibition Lensa Community yang bertempat Senayan City lantai 1, Jakarta. Berlangsung pada 6 – 8 Desember, pecinta seni visual bisa menikmati hasil karya dari 'anak didik' Sim F.

“Visual Collaborative Exhibition ini merupakan muara dari proses panjang yang dilakukan para pegiat seni visual di Lensa Academy dan Lensa Vietnam Challenge, sekaligus menjadi ruang menampilkan karya otentik dari Lensa Project: Capture Vietnam. Berbeda dengan pameran seni visual lainnya, Visual Collaborative Exhibition ini berusaha menangkap keindahan dengan empat medium atau genre seni visual yang berbeda-beda dan hasil karya dari para pengiat seni visual berbasis lensa yang bukan dari kalangan profesional,” tutur Sigit Diapsoputra dari Lensa Community.

Lensa Community
Lensa Community mencari bibit-bibit muda di bidang industri visual melalui kompetisi. (Istimewa)

Sebagai salah satu orang yang terlibat dalam proses panjang tersebut, Sim F pun berharap event semacam ini bisa lebih memperkaya para pekerja industri kreatif di Indonesia, khususnya bidang seni visual. Menurutnya, dengan segala proses panjang yang sudah dilewati para peserta, Lensa Community bisa semakin ikut memberi andil terhadap kemajuan industri kreatif di tanah air.

"Harapannya tentu adalah di sini mereka bisa belajar untuk menjadi profesional. Kami melakukan brainstoarming juga di dalamnya," harap Sim F.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓