Once Mekel Dapat Beban Berat saat Gantikan Ari Lasso di Dewa 19

Rivan Yuristiawan20 Jan 2020, 06:24 WIB
[Fimela] Once Mekel

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Once Mekel sempat menuai popularitas saat tergabung bersama Dewa 19. Kala itu, Once pertama kali didaulat sebagai pengganti Ari Lasso sebagai vokalis Dewa 19 saat band asal Surabaya tersebut merilis album Bintang Lima di tahun 2000. Meski pada akhirnya sukses, namun nyatanya Once Mekel sempat menanggung beban yang cukup besar di album tersebut.

Bukan tanpa alasan, album Bintang Lima merupakan album pertama Dewa 19 pasca ditinggal Ari Lasso. Once mengakui jika saat awal bergabung dengan Dewa 19, dirinya kerap berselisih paham dengan personel yang lain.

"Saya ada 5,5 tahun nggak nyanyi kan, saya ada masa nggak nyanyi. Kebetulan ketemu dengan Dewa waktu itu bikin album Bintang Lima saya musti latihan lagi, ya memang nggak gampang karena kata Dhani ini (album Bintang Lima) penentuan (karier Dewa 19) juga," kata Once Mekel di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).

Dipaksa Latihan

[Fimela] Dewa 19
Dewa 19. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Atas beban berat yang dipanggul Once di album Bintang Lima ketika mengantikan Ari Lasso sebagai vokalis pun diamini Ahmad Dhani. Bahkan, ia mengakui jika dirinya dan para personel Dewa 19 yang lain sempat memaksa Once untuk berlatih vokal agar kualitas suaranya bisa menyamai, bahkan melebihi Ari Lasso.

"Bahkan sampai berantem ya. Saya, Andra, sama Tyo memaksa Once buat les vokal, Once marah. Saya inget kalimatnya, 'I'm ready to quit', karena kita bebannya berat," timpal Ahmad Dhani.

Berbuah Manis

[Fimela] Once Mekel
Once Mekel (Bambang E Ros/Fimela.com)

Namun pada akhirnya, Once Mekel pun bisa membuktikan jika Dewa 19 tak salah memilihnya menggantikan Ari Lasso. Dengan kualitas vokal yang terbilang unik, Once dan Dewa 19 melalui album Bintang Lima kala itu sukses merajai belantika musik tanah air. Bahkan, album tersebut pun menjadi salah satu album tersukses Dewa 19 sepanjang berkarier.

"Tapi ternyata lebih banyak (penjualannya) dari album sebelumnya, mungkin juga lagi tren penjualan. Tapi emang kita berhasil membuat rekor baru," pungkas Once Mekel.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓