Dian Sastrowardoyo Tertarik Jadi Tenaga Pengajar

Rivan Yuristiawan24 Jan 2020, 16:45 WIB
[Fimela] Dian Sastrowardoyo

Fimela.com, Jakarta Aktris Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu nama yang bermain dalam film Guru-Guru Gokil. Lebih dari itu, ia pun bertindak sebagai kreatif produser selama proses penggarapannya. Diakui istri Indraguna Sutowo itu, terlibat dalam project kerjasamanya dengan BASE Entertainment tersebut membuat dirinya tertarik untuk menjadi tenaga pengajar. 

Hal itu disampaikan Dian Sastrowardoyo saat berbincang santai dengan Fimela.com di Plaza Senayan, beberapa waktu lalu. Namun bukan guru yang bekerja fulltime di sekolah, Dian lebih tertarik menjadi seorang dosen lepas yang berbagi ilmu dan pengalaman yang ia punya di depan mahasiswa. 

"Aku kalo secara full time (jadi guru) akan repot, tapi kalau ngajar lepasan jadi dosen sih aku tertarik banget sih," ungkap Dian Sastrowardoyo

Ingin Berbagi Ilmu

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo (Daniel Kampua/Fimela.com)

Lebih lanjut, menurut Dian, dari hasil risetnya selama proses penggarapan Guru-Guru Gokil, ia bertemu banyak orang yang memiliki concern terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Salah satu pesan yang masih melekat dibenaknya adalah pernyataan Najeela Shihab yang menyatakan semua orang bisa menjadi guru dengan pengalaman hidup yang dilalui.

Dari situ, keinginan Dian Sastrowardoyo untuk menularkan ilmu dan pengalaman yang ia miliki pada orang banyak semakin tumbuh. 

"Aku juga belajar banyak dari mbak Najeela Shihab, ternyata kita semua tuh guru, tapi kita juga murid. Kita bisa sama-sama belajar, tapi juga bisa ngajarin temen-temen kita. Konsep ilmu itu kan sebenernya sharing," paparnya. 

Beri Apresiasi untuk Para Guru

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo (Daniel Kampua/Fimela.com)

Namun, sebelum keinginannya untuk menjadi tenaga pengajar terwujud, Dian Sastrowardoyo ingin terlebih dahulu memberikan apresiasi bagi orang-orang yang sudah meluangkan hidupnya sebagai tenaga pengajar lewat dunia film. Melalui Guru-Guru Gokil yang mengangkat sisi lain kehidupan guru, ia dan tim produksi ingin memberikan apresiasi untuk para tenaga pendidik agar bisa terus bersemangat memberikan bekal untuk generasi berikutnya. 

"Project ini membuat kita jadi lebih mendalami kehidupan guru seperti apa. Kita langsung salut banget sama mereka yang menceburkan diri ke dunia pendidikan pasti cape mental dan fisik dan cape mikir ya. Itu kan perlu kita apresiasi," pungkas Dian Sastrowardoyo. 

Film Guru-Guru Gokil sendiri sudah selesai menjalani proses syuting dan sudah masuk ke tahap akhir post production. Rencananya, film yang juga melibatkan Gading Marten sebagai pemeran utama ini akan mulai tayang di bioskop tanah air pada April 2020 mendatang. 

Saksikan Video Pilihan Berikut

Lanjutkan Membaca ↓