4 Musisi Indonesia yang Tak Segan Berbagi Tutorial Bawakan Lagu Mereka

Nizar Zulmi26 Mei 2020, 21:49 WIB
Andra Ramadhan

Fimela.com, Jakarta Teknologi membawa pengaruh yang siginifikan terhadap perkembangan musik. Mulai dari teknis rekaman, perubahan format karya dari fisik ke digital hingga cara ngulik lagu pun dipengaruhi oleh hal tersebut.

Pecinta musik era 80 dan 90an tentunya masih sangat familiar dengan kaset dan walkman. Kedua  itu sangat penting bagi mereka untuk bisa 'mengulik' lagu dari idola atau musisi favorit mereka.

Namun di era yang sudah serba canggih dan sosial seperti ini, ngulik lagu jadi sangat terbantu dengan adanya video tutorial. Lebih menariknya lagi, cukup banyak musisi yang tak pelit berbagi ilmu bagaimana cara memainkan lagu-lagu hits mereka. Di Indonesia ada beberapa lho, yuk simak.

Wima J-Rocks

Wima J-Rocks
Wima J-Rocks

Swara Wimayoga, atau dikenal dengan Wima J-Rocks disebut-sebut sebagai salah satu bassis ikonik di skena musik 2000an. Wima cukup aktif membuat video-video bermain bass di kamar selama masa pandemi.

Selain membawakan lagu J-Rocks atau L'Arc-en-Ciel, Wima juga mengunggah video tutorial bass untuk lagu hits J-Rocks. Salah satunya Lepaskan Diriku yang digandrungi pecinta musik berkat bassline-nya yang menarik.

Gerald Situmorang

[Bintang] Barasuara
Gerald Situmorang (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Musisi berikutnya yang tak pelit berbagi ilmu adalah Gerald Situmorang. Selain dikenal sebagai pembetot bass Barasuara, Gerald sudah bertahun-tahun menggeluti instrumen gitar dengan berbagai project musiknya.

Gerald juga sempat merilis album akustik berjudul Solitude pada 2016 lalu. Ia pun mengunggah beberapa video tutorial dari lagu-lagu di album tersebut yang bisa kamu pelajari.

Andra Ramadhan

[Fimela] Dewa 19 Grand Final Indonesian Idol 2020
Andra (Adrian Putra/Fimela.com)

Sering mendapat julukan sebagai gitaris legend, Andra Ramadhan nyatanya tetap rendah hati kepada penggemar. Berawal dari hobinya tentang fotografi, ia pun melanjutkan eksistensinya di medsos lewat platform video.

Di channelnya Andra mengunggah beberapa konten seperti live acoustic dan tutorial. Selain membocorkan tutorial lagu-lagu Dewa, ia juga memberi tutorial lagu Andra and the Backbone untuk fans.

Lale Ilman

[Bintang] Maliq & D'Essentials
Lale Maliq & D'Essentials (Adrian Putra/Fimela.com)

Dua member termuda di Maliq & D'Essentials memiliki peran yang tak kalah penting di luar produktivitas band. Lale dan Ilman cukup relevan dengan media sosial dan generasi muda, konsumen terbesar platform medsos.

Lale dan Ilman juga pernah berbagi video tutorial hits Maliq & D'Essentials untuk menjalin engagement dengan fans. Suka dengan lagu-lagu mereka? Ceri tahu cara mainnya di kanal mereka ya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓