Ornamen di MV More & More TWICE Dituding Jiplak Karya Seniman

Nizar Zulmi03 Jun 2020, 13:08 WIB
TWICE

Fimela.com, Jakarta Comeback terbaru TWICE bertajuk More & More baru saja dirilis pada 1 Juni 2020 kemarin. Lagu berkonsep fairy tale ini pun langsung meroket di chart iTunes di 30 negara dunia.

Namun di balik itu terdapat kabar kurang menyenangkan. Diduga salah satu ornamen yang terdapat di MV TWICE itu meniru karya milik seniman bernama Davis McCarty.

Davis merupakan seniman di balik karya warna-warni yang diberi nama Pulse Portal tersebut. Karena dirasa belum menerima izin apapun dari agensi TWICE, sang seniman menyatakan keberatannya melalui akun Facebook (2/6).

Akui Kecolongan

TWICE
Ornamen di MV TWICE tersandung masalah perizinan

JYP Entertainment selaku agensi mengakui kelalaiannya mengenai masalah tersebut. Setelahnya mereka mengambil langkah untuk menghubungi produser klip untuk membicarakan masalah ini.

"Pagi ini kami menyadari jika salah satu set di video klip More & More memiliki kemiripan dengan sebuah karya seni. Kami telah mengontak perusahaan yang memproduksi klip dan meminta mereka bicara dengan seniman asli karya tersebut untuk menjernihkan situasi," kata perwakilan JYP dilansir dari Soompi (3/6).

"Sebagai agensi yang bertanggung jawab atas karya artis kami, kami berjanji untuk meningkatkan proses verifikasi agar hal seperti ini tidak terulang," tegasnya.

Tentang Instalasi Seni

Pulse Portal
Pulse Portal karya Davis McCarthy (Soompi)

Pulse Portal merupakan instalasi seni yang dibangun seperti sebuah gerbang dengan warna seperti pelangi. Karya tersebut dibangun di San Diego, California oleh Davis pada tahun 2016.

Belum lama ini postingan mengenai masalah JYP dan perizinan karya tersebut sudah dihapus, yang menandakan selesainya permasalahan. Langkah yang bagus oleh JYP karena mengakui kesalahan dan berdiskusi dengan pemilik hak cipta sesegera mungkin.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓