5 Drummer Tenar yang Juga Punya Karakter Vokal Luar Biasa

Nizar Zulmi22 Sep 2020, 19:38 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 19:47 WIB
Drummer

Fimela.com, Jakarta Seni musik memang tak lepas dari yang namanya kreativitas dan inovasi. Contoh nyatanya adalah para penabuh drum yang ternyata punya jiwa kuat sebagai seorang vokalis.

Fenomena menarik ini terjadi di beberapa band besar bahkan legendaris dari masa ke masa. Peran mereka lebih dari sekedar menjaga tempo, tapi juga mampu merebut hati penonton dengan jeritannya.

Bahkan beberapa drummer ini lebih dikenal saat mereka banting stir jadi vokalis maupun penyanyi. Berikut jajaran drummer dengan pesona yang kuat sebagai vokalis.

Roger Taylor

[Bintang] Roger Taylor, Drummer Queen
Roger Taylor, Drummer Queen (via nme.com)

Tulang punggung band legendaris Queen, Roger Taylor mengawali daftar kali ini. Memang Queen punya Freddie Mercury yang flamboyan dan atraktif di atas panggung, tapi kehadiran Roger membawa aura tersendiri.

Ia kerap mengisi part backing vocal dengan suaranya yang ngerock. Di beberapa kesempatan ia juga menunjukkan kemampuannya bernyanyi yang memukau para penonton.

Ringo Starr

Paul McCartney dan Ringo Starr
Paul McCartney dan Ringo Starr (The Huffington Post)

Di balik kelegendaan musik The Beatles, terdapat peran drummer mereka, Ringo Starr. Gaya bermainnya mungkin tak serumit drummer lain, tapi ketika membawakan lagu Beatles, tak ada yang bisa menyamai permainannya.

Selain punya gaya bermain drum yang khas, Ringo juga berkontribusi sebagai vokalis di beberapa lagu The Beatles. Dua di antaranya adalah Yellow Submarine dan With a Little Help from My Friend.

Phil Collins

[Bintang] Phil Collins
Phil Collins (Bintang/EPA)

Phil Collins meraih sukses awalnya di musik bersama band Genesis yang melegenda. Berposisi sebagai drummer, ia bekerja sama dengan rekan-rekannya dalam mencetak sejumlah hits.

Namun karena merasa tak puas dengan output yang dihasilkan, Phil mengambil alih posisi vokalis. Dari situ karier Genesis makin naik sebelum ia akhirnya merintis solo karier.

Dave Grohl

Dave Grohl 'Foo Fighters'
Dave Grohl (AP Entertainment)

Sebelum dikenal sebagai frontman band Foo Fighters, Dave Grohl terlebih dulu menjadi saksi hidup Nirvana yang fenomenal. Ia menjadi drummer di band yang digawangi Kurt Cobain dan Krist Novoselic tersebut.

Gaya permainan Dave dikenal sangat powerful dan sangat menjiwai. Di era awal Foo Fighters ia mengisi sesi drum dan instrument lain sendiri saat rekaman. Bahkan hingga saat ini kecintaannya pada drum masih kerap ia tunjukkan.

Don Henley

Penampilan Para Musisi di MusiCares Person of The Year 2019
Don Henley (AFP Photo/Frazer Harrison)

Terakhir ada mantan drummer band Eagles, Don Henley. Talenta yang dimiliki musisi yang satu ini memang tak perlu diragukan. Ia memberi kontribusi besar dalam kesuksesan karier bandnya itu.

Selama 9 tahun, ia menjadi drummer dan vokalis sebelum akhirnya band tersebut bubar. Setelahnya Don Henley masih kerap tampil bersama Eagles dengan konsep reuni.

Simak juga video rekomendasi berikut:

Lanjutkan Membaca ↓