Ananda Omesh Dkk AJari Tips Tekuni Podcast di Ultah Pertama Podkesmas

Anto Karibo26 Okt 2020, 20:24 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 20:24 WIB
Ananda Omesh

Fimela.com, Jakarta Selain YouTube yang menampilkan audio visual, ada satu lagi media digital yang tengah digandrungi oleh masyarakat khususnya kaum milenial belakangan ini yaitu podcast. Podcast sendiri merupakan siaran web yang hanya menampilkan audio saja, seperti halnya radio.

Belakangan, banyak orang yang menekuni dunia podcast atau disebut sebagai podcaster. Seperti Ananda Omesh, Surya Insomnia, Imam Darto, dan AnggaNggok. Keempatnya bersatu mengusung bendera Podkesmas.

Dengan tema yang selalu menarik, Podkesmas sebagai kependekan dari Podcast Kesehatan Masyarakat mampu menancapkan bendera sebagai podcast terpopuler di tanah air dengan menduduki Top Chart Spotify sebanyak 30 minggu.

Bagi mereka, Podkesmas ini seperti menelanjangi diri mereka sendiri. Hal-hal dan tema-tema yang tidak bisa diceritakan di televisi dan radio, mereka bisa tumpahkan semua di Podkesmas.

“Diharapkan di saat kita bercerita, para pendengar kita bisa mempunyai kedekatan yang sama dengan tema tersebut,” ungkap Ananda Omesh yang diamini teman-temannya.

Ulang Tahun Pertama

Ananda Omesh
Ananda Omesh bersama Podkesmas (Instagram/podkesmas)

Dan tak terasa keseruan yang selalu disuguhkan oleh Podkesmas sudah mencapai usia satu tahun. Karenanya di ulang tahun pertamanya, Podkesmas merayakan dengan mengadakan Podkesclass bersama dengan 1000 podcaster dari seluruh Indonesia.

Pendengar setia Podkesmas yang disebut Masyarakat Sehat sangat mendukung Podkesmas sejak awal dan sebagai aspirasi Podkesmas membuat Podkesclass untuk sama-sama berbagi ilmu, pengalaman dan obrolan bergelimang tawa.

Podkesmas juga kian mengembangkan sayap bisnis mereka. Salah satu diversifikasi bisnis mengembangkan bisnis dengan nama Podkesmas Asia Network (PAN) yang menjadi goal utama mereka.

Selain itu, Podkesmas juga membuka peluang bisnis lain seperti mengembangkan merchandise. Edisi yang dikeluarkan pertama dalam rangka Ulang Tahun ke 1 berkolaborasi dengan Never To Lavish yang dikenal sebagai creative brand yang sangat diminati dan dicari saat ini.

Mereka pun berharap dunia podcast bisa terus bertahan seiring perkembangan teknologi digital. "Mungkin bisa 5 tahun ke depan masih akan terus groiwing. Gak ngabisin kuota, gratis buat download, jadi internet selemah apapun bisa dengerin," imbuh Omesh.

Tips Podcaster Pemula

Ananda Omesh
Ananda Omesh bersama Podkesmas (Instagram/podkesmas)

Podkesmas adalah podcast fenomenal dalam sejarah dunia podcast Indonesia. Setiap episode Podkesmas didengarkan atau di-stream sebanyak 10000 kali setiap harinya. Di balik sukses dan fenomenalnya Podkesmas, ‘fun’ selalu menjadi kunci yang dipegang oleh empat podcaster sebagai empat pilar yang membuat podcast ini besar.

Kepada masyarakat khususnya mereka yang ingin terjun menjadi podcaster, mereka pun tak segan memberikan tipsnya. "Harus konsiten, kretaif mau bikin apa lagi, konsisten dengan benang merah di podcastnya," ujar Surya dan Angga.

"Lalu konsisten untuk berimprovisasi, juga produksinya harus konsisten. Kemudian konsisten bertahan, dengan cara mencari pemasukan," tandas Imam Darto dan Ananda Omesh bergantian.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by