Sederet Artis yang Idap Disleksia, Susah Baca Waktu Masih Kecil

Anto Karibo26 Nov 2020, 17:24 WIB
Diperbarui 26 Nov 2020, 17:24 WIB
Deddy Corbuzier

Fimela.com, Jakarta Ketika mendapati anaknya susah dalam membaca dan menulis, banyak orangtua yang menganggap bahwa anaknya tersebut bodoh. Padahal, ada sebuah gangguan saraf pada otak yang memproses bahasa yang disebut disleksia.

Gangguan ini dapat ditemui pada anak-anak maupun dewasa. Biasanya gangguan ini ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Penderita disleksia akan sulit dalam melakukan identifikasi kata-kata yang diucapkandan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat.

Namun, gangguan ini tak mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang yang menderitanya. Bahkan beberapa pesohor dunia entertainment Hollywood juga pernah menderita gangguan ini seperti Keanu Reeves, Keira Knightley, dan Tom Cruise.

Dan beberapa selebriti Indonesia juga pernah menderita gangguan disleksia saat masih usia kecil. Siapa saja mereka?

Tamara Bleszynski

[Fimela] Tamara Bleszynski
Tamara Bleszynski (Instagram/tamarableszynskiofficial)

Selama ini mungkin tak banyak orang yang tahu jika Tamara Bleszynski merupakan seorang yang pernah mengidap disleksia. Dulu, ia mengaku huruf-huruf yang ia lihat seolah menari sehingga tak bisa dibacanya dengan benar.

Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Pengakuan Deddy Corbuzier sempat membuat banyak orang terkaget. Ia mengaku saat kecil sebagai penderita disleksia. Ia pernah tidak naik kelas selama dua kali berturut-turut karena merasa tak tahu apa yang diajarkan gurunya. Deddy pun sempat dianggap bodoh di waktu kecil.

Azka Corbuzier

[Fimela] Azka Corbuzier
Azka Corbuzier (Instagram/azkacorbuzier)

Menurun dari sang ayah, anak dari Deddy Corbuzier dan Kalina Octarany ini juga mengalami disleksia. Namun, pemilik nama Azkano Nikola Corbuzier ini berhasil lulus dan meraih gelar lulusan terbaik di sekolahnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓