Sukses

Entertainment

4 Musisi yang Berjasa di Balik Album folklore Taylor Swift

Fimela.com, Jakarta Taylor Swift memulai perjalanan baru di kancah musikĀ sejakĀ album ketujuh, Lover dirilis. Pasalnya karyanya dalam enam album sebelumnya diklaim secara kepemilikan oleh mantan labelnya, Big Machine Records.

Setelah sukses dengan nuansa penuh cinta di album tersebut, Taylor melanjutkan petualangannya dalam produksi baru. Album berjudul folklore mewadahi ide-ide segarnya yang seakan tak pernah surut.

Album folklore meraih sejumlah pencapaian besar, termasuk piala American Music Awards 2020, dan jadi kandidat pemenang Grammy Awards 2021. Album kedelapan Taylor Swift ini juga melibatkan sejumlah musisi yang berjasa dalam merangkainya. Siapa saja mereka?

Jack Antonoff

Menyatukan visi dan referensi jadi salah satu hal penting yang dilakukan seorang musisi dengan produser. Selama beberapa tahun, Swift merasa cocok bekerja sama dengan Jack Antonoff.

Produser yang satu ini kiprahnya telah terbukti lewat sederet hitsnya yang dibawakan penyanyi top. Selain Taylor Swift, Jack juga menulis lagu untuk Lorde, Lana Del Rey dan beberapa project lain.

Setidaknya Jack Antonoff terlibat dalam lima lagu di album folklore. Beberapa di antaranya adalah Seven, August dan Mirroball.

Aaron Dessner

Musisi hebat lain yang turut merajut album folklore adalah Aaron Dessner. Nyatanya, Aaron merupakan produser utama yang mampu memahami visi Taylor Swift.

Terdapat 9 lagu yang menyertakan nama Aaron sebagai penulis lagu sekaligus produser. Mulai dari Cardigan, Epiphany, hingga Peace lahir dari hasil kerja sama keduanya.

Bon Iver

Taylor Swift membuat album folklore lebih personal dan tak banyak menyertakan kolaborasi dalam performance. Ia hanya memilih satu lagu yang ia bawakan bersama band indie, Bon Iver.

Justin Vernon, frontman Bon Iver sukses menyuguhkan duet apik dengan Swift di lagu Exile. Lagu tersebut juga dipilih sebagai salah satu single andalan yang mengungkap sisi lain Taylor secara musikalitas.

Mantan Pacar

Satu lagi nama yang coba 'disembunyikan' Taylor Swift dalam credit album folklore. Ia tak lain adalah mantan kekasihnya, Joe Alwyn. Jika melihat credit album, jelas tak tercantum nama aktor 29 tahun tersebut.

Rupanya Joe Alwyn menggunakan nama alias, yakni William Bowery. Swifties, sebutanĀ fans Taylor mengungkap jika Bowery merupakan nama hotel yang sempat dikunjungi Taylor Swift dan Joe Alwyn. Sementara nama William diambil dari nama kakek Joe.

Joe Alwyn turut menjadi co-writer di lagu Exile dan juga Betty.Ā 

Simak juga video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading