6 Artis Pernah Terlibat Kontroversi di Media Sosial, Ada yang Dibully sampai Dipolisikan

Anto Karibo08 Des 2020, 08:24 WIB
Diperbarui 08 Des 2020, 08:24 WIB
[Bintang] Imam Darto

Fimela.com, Jakarta Media sosial belakangan menjadi tempat bagi banyak orang, tak terkecuali artis untuk mengungkapkan pendapatnya. Namun, terkadang ungkapan pendapat ini dianggap tak sesuai dengan pemikiran orang lain sehingga mengundang kontroversi.

Beberapa artis yang pernah mengungkapkan pemikirannya di media sosial terkait satu hal pun tak jarang mengalami aksi bullying dari netizen. Mereka bahkan ada yang dilaporkan kepada polisi.

Siapa saja deretan artis yang harus berurusan dengan netizen dan pihak berwajib karena unggahannya di media sosial? Berikut daftarnya.

Imam Darto

[Bintang] Imam Darto
Imam Darto di acara HBO gelar buka puasa bareng Yatim Piatu (Adrian Putra/bintang.com)

Terbaru adalah Imam Darto. Sosok penyiar, presenter, dan komedian ini mengomentari kasus korupsi dana bansos senilai Rp 17 Miliar yang menyeret nama Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka.

Oleh netizen, Darto dituding memiliki pola pikir yang salah dan terkesan mendukung aksi korupsi. Akun Twitter miliknya pun ramai diserbu netizen sehingga ia harus menguncinya.

Adhisty Zara

7 Pemotretan Adhisty Zara Ini Curi Perhatian, Dianggap Bak Boneka
Zara Adhisty (Sumber: Instagram/zaraadhsty)

Pemeran muda berbakat ini pernah menjadi bulan-bulanan warganet setelah video dirinya yang mempertontonkan adegan tak senonoh bersama kekasihnya, Zaki Pohan tersebar luas di ranah maya. Namanya pun langsung menjadi trending di media sosial Twitter pada akhir Agustus 2020 silam.

Shandy Aulia

6 Gaya OOTD Claire Herbowo Anak Shandy Aulia, Menggemaskan
Gaya OOTD Claire Herbowo Anak Shandy Aulia. (Sumber: Instagram.com/missclaireherbowo)

Shandy Aulia juga pernah menjadi korban perundungan yang dilakukan oleh netizen terkait cara dirinya mengasuh dan merawat buah hati pertamanya, Claire Herbowo. Beberapa di antara yang menjadi perhatian netizen adalah aksi Shandy memberikan MPASI yang dianggap sebelum waktunya.

Lalu tentang pemberian madu sebagai campuran MPASI bagi bayinya yang belum genap berusia satu tahun. Dan terakhir adalah ketika dirinya mengajak sang bayi menyelam di kolam renang.

Ahmad Dhani

[Fimela] Ahmad Dhani
Ahmad Dhani Press Conference RCTI 31 Anniversary Celebration (18/8/2020). (Bambang E Ros/Fimela.com)

Ahmad Dhani kerap menyuarakan pikirannya di media sosial terutama Twitter. Pernyataannya pun kerap mengundang kontroversi. Salah satunya adalah cuitan tentang kasus Basuki Tjahaya Purnama.

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP," kata Dhani di Twitter.

Ia pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh organisasi relawan Ahok-Djarot, BTP Network, katas cuitan yang diduga mengandung penyebaran ujaran kebencian tersebut.

Inul Daratista

20150818-Inul Daratista Klarifikasi Terkait Pelanggaran Hak Cipta-Jakarta-Inul Daratista
Inul Daratista saat menggelar konferensi pres terkait kasus dugaan pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh Inul Vista terhadap Nagaswara, Jakarta, Selasa (18/8/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Inul Daratista pernah dilaporkan atas dugaan pelanggaran pasal 310 dan pasal 311 KUHP serta pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ia juga menjadi topik viral di Twitter dengan tagar #BoikotInulDaratista yang menjadi trending topic. Kala itu, Inul Daratista dianggap telah menghina dan melecehkan ulama.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Berurusan dengan kasus hukum sepertinya merupakan bagian dari nama Nikita Mirzani. Ya, artis ini memang sangat sering terlibat kasus hukum dan juga sering mendekam di penjara. Salah satu unggahan di Twitter yang membuatnya dilaporkan ke polisi adalah cuitannya tentang TNI.

"Film G30S/PKI kurang seru. Seharusnya Panglima Gatot juga dimasukkan ke dalam lubang buaya pasti lebih seru," tulisnya di Twitter.

Meskipun cuitan tersebut telah dihapus, namun Yogi Vitagora, advokat asal Palembang, Sumatera Selatan pun melaporkan Nikita ke Polda Sumatera Selatan.

Yogi melaporkan Nikita atas dugaan penyebaran kebencian dan penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia. Namun, Nikita Mirzani membantah bahwa itu merupakan cuitan dari dirinya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021