5 Solusi Patah Hati dari Film Sobat Ambyar

Lanny Kusumastuti19 Jan 2021, 12:24 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 12:24 WIB
Poster Film Sobat Ambyar

Fimela.com, Jakarta Putus cinta memang tidak pernah mudah karena membuat kita merasa kehilangan seseorang yang telah menjadi bagian besar dalam kehidupan dan rutinitas sehari-hari. Walaupun proses pemulihannya bisa sangat menyiksa, cobalah untuk maju dan menyaksikan Sobat Ambyar di Netflix untuk mendapatkan solusi patah hati.

Berikut ini adalah langkah-langkah Jatmiko (Bhisma Mulia) dalam menyembuhkan luka hatinya dan tips bangkit dari patah hati ala Sobat Ambyar.

Potongan Film Sobat Ambyar
Potongan Film Sobat Ambyar (Courtesy of Netflix)

Jangan pernah menghubunginya lagi

Teman Jatmiko yang bernama Kopet (Erick Estrada) memiliki saran move on yang sangat berguna, yaitu ‘Hukum 21 Hari’. Pada intinya, 21 hari ini merupakan kurun waktu yang sangat krusial untuk melakukan detox dari sang mantan. Salah satu caranya adalah dengan tidak menghubungi mantan, baik itu via telepon maupun chat.

Sebaiknya Anda juga menghindari media sosial agar tidak terpancing keinginan untuk mengetahui kehidupan sang mantan setelah putus dari Anda dan menimbulkan patah hati.

Hapus jejaknya di kehidupan

Sobat Ambyar
Potongan Film Sobat Ambyar (Courtesy of Netflix)

Langkah berikutnya dalam ‘Hukum 21 Hari’ ala Kopet ini adalah dengan menghapus jejak mantan di kehidupan Anda, seperti foto-foto berdua, chat history, serta barang-barang dan kegiatan-kegiatan yang bisa mengingatkan Anda dengan dirinya.

Jika Anda tidak tega untuk membuang semua kenangan, coba simpan berbagai foto dan barang mantan di sebuah tempat khusus yang tidak akan terlihat oleh Anda untuk sementara. Anda juga bisa menitipkannya ke teman-teman terdekat hingga saatnya Anda siap untuk melihatnya kembali tanpa terbawa kesedihan. Langkah ini berguna dalam menyiapkan Anda untuk memulai lembaran baru.

Menyibukkan Diri

Sobat Ambyar
Potongan Film Sobat Ambyar (Courtesy of Netflix)

Cari kegiatan yang mungkin sempat Anda nomor duakan ketika sedang berpacaran dulu, seperti hobi maupun mimpi yang tertunda. Pada kasus Jatmiko, ia akhirnya kembali berfokus pada bisnis kopinya.

Hal ini berguna dalam mengalihkan pikiran Anda dari sang mantan. Siapa tahu Anda bisa menjadi lebih bersinar ketika tidak ada gangguan seperti pertengkaran-pertengkaran kecil mengenai pembagian waktu dengan pacar.

Temukan bahu untuk bersandar

Sobat Ambyar
Potongan Film Sobat Ambyar (Courtesy of Netflix)

Terkadang ada yang mencoba menghilangkan sakit hati dengan mencari cinta baru. Sebenarnya wajar saja jika kita membutuhkan seseorang yang dapat menjadi pelipur lara ketika kesedihan melanda, namun ada baiknya untuk berfokus dengan diri Anda sendiri sebelum terjun ke hubungan dengan orang lain.

Anda dapat mencontoh Jatmiko yang mengandalkan adiknya Anjani (Sisca JKT48), sahabatnya Kopet, serta komunitas sobat ambyar sebagai support system yang dapat menangkapnya ketika jatuh. Layaknya Jatmiko yang merasa nyaman dengan lagu-lagu Didi Kempot, Anda juga bisa mencari lagu-lagu lainnya yang dapat menjadi sumber hiburan Anda.

Jangan Tergoda untuk Kembali

Sobat Ambyar
Potongan Film Sobat Ambyar (Courtesy of Netflix)

Sebelum periode 21 hari berakhir, sebaiknya Anda tidak tergoda untuk bertemu apalagi kembali berpacaran dengan mantan. Hal ini dikarenakan hati kita yang masih belum bisa sepenuhnya pulih dan masih dikendalikan oleh perasaan dibandingkan logika.

Mungkin sebenarnya hubungan Anda memang sudah tidak sehat lagi karena berbagai alasan yang masuk akal, tetapi hal ini bisa saja tertutup dengan rasa rindu dengan kehadiran sang mantan. Jangan sampai Anda seperti Jatmiko yang melanggar peraturannya sendiri dan kembali ke Saras (Denira Wiraguna), hanya untuk menemukan rasa sakit hati yang baru.

Coba tinjau ulang hubungan Anda dengan pikiran yang lebih jernih, sehingga Anda tahu apakah kembali ke mantan merupakan hal yang tepat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓