Asal Usul Helm Ikonis Daft Punk yang Jadi Bagian Perjalanan Musik Mereka

Nizar Zulmi24 Feb 2021, 13:08 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 13:08 WIB
Daft Punk.  (Matt Sayles/Invision/AP, File)

Fimela.com, Jakarta Belum lama ini para penikmat musik dikejutkan dengan bubarnya unit musik house elektronik, Daft Punk. Duo yang telah 28 tahun berkarier ini ini memilih bubar dengan merilis video Epilogue.

Selain musik, hal yang sangat menyita perhatian dari Daft Punk adalah kostum unik mereka. Terdiri dari helm, sarung tangan hingga outfit khusus yang mereka kenakan terlanjur jadi ciri khas mereka.

Mereka telah mengalami beberapa perubahan sebelum tampilan yang selama ini dikenal. Ada alasan tersendiri kenapa Daft Punk memilih berpenampilan seperti itu.

Menutup Diri

Album Remix Daft Punk Diluncurkan Secara Global
Daft Punk

Terbentuk pada 1993, dua personel Daft Punk awalnya tampil seperti musisi kebanyakan. Barulah pada 1997, mereka mulai 'menutup diri' dengan mengenakan topeng sederhana berbahan plastik.

Konsep helm futuristik sendiri diterapkan di tahun 1995, dengan mengambil inspirasi dari film The Day The Earth Stood Still. 

"Mereka ingin bisa bersembunyi di baliknya dan menonjolkan karakter ke dalam musiknya, ketimbang fokus pada orangnya. Karena yang penting bukanlah sosok, tapi musiknya," ujar Tony Gardner yang merupakan Designer spesialis makeup dan special effects dari Alterian Inc. 

Identitas

Daft Punk Jadi Sasaran Acara Dokumentasi
Daft Punk

Ide untuk mengusung konsep futuristik datang dari Daft Punk yang bekerja sama dengan Alex and Martin. Helm futuristik yang dipadukan dengan outfit elegan kemudian jadi identitas Daft Punk dari sisi visual.

"Ide itu datang dari mereka sendiri, dan Alex and Martin saat itu membuat ilustrasinya, lengkap dengan proporsi yang mereka inginkan." lanjutnya.

Tak sia-sia, proses yang memakan waktu bertahun-tahun menuju penyempurnaan itu akhirnya berhasil jadi bagian sejarah karier Daft Punk. Fans pun menganggap mereka tak hanya musisi hebat, tapi juga seniman eksentrik yang berekspresi dengan liar.

Simak video terkait berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓