Awal Mula Suami Tasya Kamila Didiagnosa Idap Kanker Kelenjar Getah Bening

Rivan Yuristiawan11 Mei 2021, 18:24 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 18:24 WIB
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar

Fimela.com, Jakarta Aktris Tasya Kamila beberapa waktu lalu membawa kabar kurang mengenakkan dari keluarganya. Sang suami, Randy Bachtiar disebut mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 2

Berawal dari unggahannya di Instagram, Tasya pun langsung dicecar banyak pertanyaan tentang kondisi sang suami. Ia pun akhirnya buka suara tentang awal mula sang suami diketahui mengidap kanker kelenjar getah bening.

Berawal dari keluhan kerap mengalami sesak nafas, Tasya mengaku tak mengira jika Randy Bachtiar mengidap penyakit yang terbilang serius.

"Randy itu dari 2019 sempet training buat marathon, kalau malam suka ngerasa sesak. kita nggak tahu kalau itu adalah sesuatu yang berbahaya atau apa, kami pikir lagi banyak latihan lari aja. Selain itu pegel, tapi kan semua orang sering begitu," ungkap Tasya Kamila di kediamannya, kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (10/5/2021).

 

Semakin Parah

[Fimela] Tasya Kamila dan Rendi Bachtiar
Tasya Kamila dan Rendi Bachtiar (Instagram/randibachtiar)

Merasa sesuatu hal yang wajar, kondisi Randy semakin mengkhawatirkan ketika sejak Oktober 2020 kerap mengalami batuk yang cukup parah dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah menjalani pemeriksaan awal, dokter menyebut ada sesuatu yang ganjil di rongga dada Randy.

"Sampai akhirnya di Oktober 2020 kemarin, Randy itu batuk. Terus sekali waktu, Randy keluar darah batuknya. Bukan muntah darah, cuma dahak keluar darah. Akhirnya ke dokter paru, di Rontgen, kelihatan ada massa di rongga dadanya Randy. Tapi kan kita nggak tau massanya itu apa, apakah tumor jinak, kalau tumor juga jenisnya apa. Akhirnya dilakukan biopsi, karena ada di organ dada, jadi harus di-guide, diambil pakai jarum untuk sampel," jelas Tasya.

 

Terdiagnosa Pasca Operasi

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Kemudian Tasya membagikan kabar bahwa dirinya dan sang suami baik-baik saja. Mereka berusaha melewatinya dan yakin bisa menghadapinya bersama. (Instagram/tasyakamila)

Sejak saat itu, baik Tasya maupun Randy pun mencoba untuk mencari banyak informasi tentang apa yang dialaminya. Sampai pada satu titik, setelah memutuskan menjalani operasi guna mengambil sampel massa yang ada di rongga dada Randy, Tasya pun terkejut saat mengetahui sang suami mengidap kanker kelenjar getah bening.

"Akhinya sampai di Januari dilakukan operasi karena Randy udah mulai terganggu, batuknya udah mulai makin gatel, sesak, jadi ya emang the best way dioperasi. Setelahnya baru deh ketauan kalau massanya itu ternyata kanker kelenjar getah bening jenisnya lymphoma hodgkin dan kalau stadiumnya baru ketauan stadium 2," pungkas Tasya Kamila.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓