Sukses

Parenting

Tidak perlu membentak 4 cara ini membuat anak lebih menghormati orangtua

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki keunikannya sendiri. Menghadapi anak yang tiba-tiba berulah di luar kendalimu. Sebagai orangtua, rasa hati ingin marah namuan ketahuilah membentak anak bukan solusi agar si kecil lebih menurut. Nah, bagaimana sebenarnya cara untuk membuat si kecil menghormati mom sebagai orangtuanya? Benarkah perlu membentak anak agar ia lebih respek dan perhatian.

Anak-anak lebih mudah melakukan seperti apa yang ia lihat dan dengar. Jadi, sebagai orangtua menjadi roler model untuknya jauh lebih penting daripada menyuruhnya untuk melakukan perintahmu. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Berbeda pendapat adalah hal yang biasa

Berbeda pendapat adalah hal yang biasa. Anak-anak memiliki keinginan yang berbeda. Selalu menuruti keinginan anak bukan solusi agar si kecil lebih menghormatimu. Yang perlu dipahami saat terjadi perbedaan pendapat, si kecil tidak sedang melawan namun sedang mencari titik tengah.

2. Ia ingin menghormatimu? maka hormati dia

Seringkali merasa kesal dengan sikap keras kepalanya? Well, tidak perlu membentaknya atau marah. Nah, yang sering terlewatkan orangtua meminta untuk dihormati tapi lupa bahwa anak juga butuh diperlakukan dengan baik. Ingat, anak juga manusia yang mempunyai perasaan dan dapat mencontoh apa yang sering ia lihat dan rasakan. Biasakanlah untuk menghormati anak agar ia tidak luput dari rasa menghormati siapapun menjadi anak yang berbudi pekerti baik.

Hormati dan pahami hak si kecil

3. Jadilah contoh yang baik untuknya

Anak-anak lebih mudah mencontoh daripada melakukan perintah. Jika ingin si kefcil menghormatimu, maka perlakukan ia dengan baik. Hormati hak si kecil sebagai individu, berikan ia kebebasan untuk melakukan apa yang ia inginkan.

4. Bersikap tenang

Saat anak mulai bersikap di luar kendali, jangan ikut panik. Bersikaplah tenang. Jangan menuntut dia untuk menuruti keinginanmu. Hal ini justru membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Meminta si kecil untuk lebih hormat tidak harus bersikap kasar. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading