4 tips atasi gatal di perut saat hamil

Ayu Puji Lestari17 Okt 2018, 13:15 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang ibu memang menjadi momen menyenangkan. Perubahan dalam diri perempuan yang hamil sering kali membuat terkejut. Salah satu perubahan perempuan yang sedang hamil antara lain perut dan payudara yang membesar, kaki bengkak dan gatal di beberapa area.

Yang sering dikeluhkan ibu hamil adalah perut yang gatal. Penyebab gatal ini biasanya adalah pemuaian kulit karena area tersebut secara alami akan membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Perubahan hormon pada masa kehamilan juga menjadi salah satu penyebab gatal. Yuk, simak 4 tips atasi perut gatal pada ibu hamil di bawah ini. Here we go!

1. Mengoleskan minyak zaitun

Gatal pada kulit perut bisa disebabkan oleh kulit yang memuai atau kulit kering, manfaatkan minyak zaitun di area yang gatal. Minyak zaitun membantu untuk melembapkan perut yang kering dan membantu menyamankan kulit yang gatal.

2. Hindari mandi air panas

Kulit yang sedang mengalami pemuaian biasanya kering dan hilang kelembabannya. Maka hindari mandi dengan air hangat yang cenderung panas. Walaupun rasanya lebih nyaman, sebaiknya hindari mandi dengan air panas. Selesai mandi, selalu oleskan lotion di seluruh tubuh, termasuk area yang sering terasa gatal.

3. Mengompres dengan es batu

Tubuh terasa panas dan kulit jadi gatal, istirahat di tempat yang nyaman dan teduh, lalu kompreslah bagian yang terasa gatal dengan es atau air es yang sudah dimasukkan dalam wadah. Diamkan sejenak hingga rasa gatal hilang.

4. Pilih pakaian yang tepat

Ibu hamil mudah berkeringat, maka pilih pakaian yang mudah menyerap keringat. Ppakailah baju yang nyaman dan longgar, kain berbahan katun yang menyerap keringat akan lebih baik.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi gatal di perut saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menanti kelahiran si kecil.