Salah bersihkan botol susu bayi bisa sebabkan diare

Ivana Okta28 Okt 2018, 16:30 WIB
botol susu

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyakit yang bikin orangtua panik adalah diare. Saat bayi mengalami diare, ia akan jadi makin rewel dan ini akan bikin orangtua kerepotan. Nah, salah satu penyebab diare ini adalah salah mencuci botol susu bayi. Lalu, kesalahan apa saja sih yang sering tak disadari dilakukan?

  • Yang pertama adalah lupa mencuci tangan sebelum mencuci botol susu bayi. Bisa jadi, tanganlah yang menjadi biang keladi dari penyebaran bibit penyakit. Sebab, kuman-kuman yang melekat atau terbawa oleh tangan akan berpindah ke botol susu si kecil dan boleh jadi akan menyebabkan penyakit baginya.
  • Kemungkinan penyebab selanjutnya adalah tidak membersihkan botol secara menyeluruh. Sebagian dari kita mungkin hanya fokus untuk membersihkan bagian dalam botol dan dot, tapi melupakan bagian leher pengencang dot atau gelang dot pada botol. Padahal semua bagian botol bayi harus benar-benar bersih agar bebas bakteri.
  • Selain itu, merendam botol dengan air panas saja tidak menjamin semua kuman bakteri yang menempel pada botol luntur. Selalu bersihkan dengan menyeluruh agar si kecil bebas dari ancaman penyakit akibat bakteri.
  • Hanya merendam botol di dalam air tidak akan membuat seluruh kuman dan bakteri luntur dari botol bayi. Biasakan untuk mencucinya di bawah aliran air.
  • Jangan merendam botol terlalu lama setelah disterilisasi. Kebiasaan ini akan membuat sterilisasi botol menjadi percuma, karena bakteri akan kembali dan menempel pada botol. Sebaiknya, usai disterilisasi, tiriskan botol susu tersebut dan keringkan dengan lap atau handuk bersih khusus botol.

Semoga informasi ini memberimu pengetahuan dan jadi makin berhati-hati saat membersihkan botol susu si kecil ya Sahabat Fimela. Ingat, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.