5 Fakta tentang bayi baru lahir yang harus orangtua ketahui

Mimi Rohmitriasih28 Okt 2018, 11:25 WIB
bayi

Fimela.com, Jakarta Setiap orantua pasti bahagia ketika di dalam keluarga kecilnya terlahir bayi kecil yang manis, lucu dan sehat. Namun, saat menerima kelahiran bayi ini tidak sedikit orangtua yang merasa gugup, bingung dan menemukan banyak kendala. Terlebih lagi ketika orangtua bayi ini adalah orangtua baru.

Agar tidak menemukan kendala dalam merawat bayi yang baru lahir, melansir dari laman parents.com, ada beberapa fakta yang penting orangtua ketahui dari bayi yang baru lahir. Apa saja fakta tersebut?

Bayi baru lahir menyusu lebih sering

Baru yang baru lahir akan menyusu pada ibunya setiap 1 sampai 2 jam sekali. Selain menyusu setiap 1 sampai 2 jam sekali, bayi yang baru lahir juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya buat tidur yakni sekitar 16 sampai 18 setiap harinya. Saat bayi lapar, tanda yang paling sering ia berikan adalah menangis, mengisap jari tangan atau mengecap.

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif

Dibandingkan kulit anak-anak lainnya atau orang dewasa, kulit bayi sangat sensitif. Untuk itu, pastikan untuk memastikan bahwa kulit bayi selalu bersih, beri pakaian yang bersih dan jaga bayi jangan sampai digigit nyamuk atau serangga lainnya.

Bayi baru lahir butuh kehangatan

Bayi lucu pamer gigi susu (iStockphototo)
Bayi lucu pamer gigi susu (iStockphototo)

Bayi baru lahir butuh kehangatan

Bayi yang baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Bayi juga membutuhkan kehangatan yang lebih ekstra. Demi menjaga kehangatan tubuh bayi, orangtua bisa memberinya pakaian panjang, halus dan hangat. Orangtua juga bisa memberinya selimut, memakaikan kaos kaki hingga membedong tubuhnya.

Bayi baru lahir rentan gumoh (spitting up, atau refluks gastroesofageal)

Gumoh adalah kondisi di mana bayi mengeluarkan susu atau ASI yang telah diminumnya. Dalam dunia medis, gumoh disebut sebagai spitting up atau refluks gastroesofageal. Saat bayi gumoh, orangtua tidak perlu panik. Segera posisikan tubuh bayi pada posisi tegak kurang lebih selama 30 menit setiap kali selesai menyusu. Segera lap dan ganti baju bayi yang terkena gumoh agar kulitnya tidak infeksi atau mengalami masalah.

Tali pusat bayi baru lahir harus dirawat dengan tepat

Usahakan agar merawat tali pusat bayi yang baru lahir dengan tepat. Jika ada yang tidak beres dengan tali pusat buah hati, segera periksakan ke bidan atau dokter terkait. Biasanya, tali pusat bayi akan putus setelah 7 hari kelahirannya.

Itulah beberapa fakta mengenai bayi baru lahir yang wajib diketahui orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓