Sukses

Parenting

Beberapa faktor penyebab bayi sungsang

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti pernah mendengar istilah bayi sungsang. Posisi sungsang ini adalah kondisi saat kepala bayi berada di atas rahim, sementara kaki atau bokongnya berada di bagian bawah rahim (dekat dengan jalan lahir). Posisi yang benar sebenarnya adalah kepala bayi di dalam kandungan berada di bawah dekat dengan jalan lahir.

Posisi sungsang ini terjadi 3-4 persen dalam kehamilan. Kondisi ini juga biasanya diketahui pada usia kehamilan 35 atau 36 minggu melalui pemeriksaan USG. Lalu, apa sih kira-kira penyebab posisi ini?

Penyebab kehamilan sungsang memang belum dapat dijelaskan secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Beberapa di antaranya adalah karena bukan kehamilan pertama, ada riwayat prematur di kehamilan sebelumnya, cairan ketuban terlalu banyak atau sedikit, bagian plasenta menutupi mulut rahim, kelainan rahim, dan juga usia ibu terlalu muda atau tua saat mengandung.

Cara yang paling sering diambil saat posisi bayi sungsang adalah dengan melakukan operasi caesar. Jenis operasi ini merupakan cara paling aman untuk mengeluarkan bayi dari kandungan jika masih dalam posisi sungsang dan sudah memasuki waktunya persalinan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading