Orang Gemuk Umurnya Lebih Pendek 4 Tahun, Kata Ilmuwan

Fimela18 Jan 2014, 11:42 WIB
Foto: shutterstock

Mungkin hasil penelitian ini jadi kontroversi, namun itulah yang ditemukan oleh para ilmuwan. Orang dewasa Amerika yang mengalami obesitas rata-rata berusia 4 tahun lebih pendek dibanding rekan mereka yang memiliki berat ideal.

Risiko kematian dini ini menjadi fakta bahwa kegemukan dan obesitas adalah hal yang harus diperhatikan, dilansir oleh Newsmaxhealth.com. Hasil penelitian ini ditulis dalam American Journal of Public Health.

Hasil penelitian yang dilakukan di City University of New York menunjukkan bahwa obesitas terkait dengan setidaknya 20 persen risiko kematian. Peningkatan jumlah orang-orang yang bertubuh gemuk harus menjadi perhatian, karena hal ini bisa menurunkan harapan hidup seseorang.

"Sudah saatnya obesitas menjadi penyakit medis, karena obesitas sama seperti penyakit kronis lainnya, sebab dapat menyebabkan kematian dini," ujar Dr Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung preventif di Lenox Hill Hospital, New York City.

Tidak hanya kegemukan dan obesitas pada orang dewasa yang harus jadi perhatian. Berat badan anak juga harus jadi perhatian orang tua. Slogan anak gemuk itu sehat harus diubah, karena salah satu pendukung kesehatan adalah berat yang sesuai dengan usia dan tinggi badan anak.

(vem/yel)