Sukses

Parenting

Bahaya Tersembunyi Yang Terkandung Dalam Air Kolam Renang

Saat matahari sedang bersinar terik dan cuaca menjadi sangat panas. Rasanya sangat menyenangkan membayangkan dapat melompat ke dalam kolam renang yang menyegarkan. Tetapi, Anda harus berhati-hati agar air kolam renang tidak sampai masuk dan tertelan terlebih oleh pada balita Anda.

Seperti dilansir huffingtonpost.com, air kolam yang nampaknya jernih belum tentu bersih, terlebih jika masuk ke dalam mulut Anda. Pasalnya, air dalam kolam sangat mungkin penuh dengan bakteri dan aneka parasit yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Inilah mengapa para ahli mengingatkan dengan keras agar tidak menelan air kolam renang, danau, ataupun sumber air lainnya untuk mencegah datangnya penyakit.

Meskipun air kolam telah diberi larutan klorin, air tersebut masih sangat mungkin untuk menjadi tempat tinggal dan berkembang biak dari jutaan kuman.

Sebagai orangtua, sebaiknya Anda berusaha untuk mencegah anak-anak Anda untuk menelan air dalam kolam yang bagi mereka menarik untuk dicoba. Terutama bagi anak-anak yang memiliki gangguan pencernaan. Sebaiknya Anda tidak membawa anak yang baru saja terkena penyakit infeksi di pencernaan atau infeksi lainnya ke kolam renang umum agar tidak menambah pencemaran di tempat tersebut.

Kolam renang umum dapat menjadi sarang dari bakteri E. coli, paracites cryptosporidium dan giardia yang dapat menyebar jika tidak terdapat cukup klorin dalam kolam. Berbagai gejala infeksi dapat disebabkan oleh kuman-kuman tersebut di antaranya diare, kram perut, mual, muntah, dan dehidrasi.

Meskipun kolam telah berbau klorin, belum tentu kolam tersebut bersih dan aman dari bakteri. Bisa jadi bau itu adalah campuran chloramines. Zat yang merupakan hasil campuran klorin, air seni, dan keringat. Kolam yang bersih dan sehat tidak akan memiliki bau.

Untuk itu, sebaiknya Anda berhati-hati saat berenang di pemandian umum. Hindari melompat di kolam karena akan menyebabkan air masuk ke dalam hidung dan mulut.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading