Chromotherapy, Terapi Warna Untuk Kesehatan

Fimela10 Okt 2014, 15:00 WIB
Copyright by Thinkstock.com

Meski memang chromoterapy belum banyak bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit, namun tidak bisa dipungkiri bahwa warna bisa mempengaruhi mood dan mempengaruhi jumlah aliran energi dalam tubuh. Bahkan sudah sejak jaman dahulu bangsa India, Cina, Yunani dan peradaban Mesir menggunakan spektrum warna untuk mengatasi penyakit.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, beberapa warna ini berikut ini bisa memberikan pengaruh positif pada tubuh Anda.

    Merah

    Warna merah melambangkan kehangatan atau suhu panas, dan hal ini bisa merangsang produksi hemoglobin, sehingga bisa melepaskan energi dan meningkatkan suhu tubuh. Warna ini berhubungan dengan cakra akar, yaitu bagian tulang belakang. Warna ini dapat meningkatkan adrenalin, emosi dan memberikan kekuatan dna keberanian.

    Orange

    Warna orange bisa sangat menyenangkan dan bebas. Kombinasi warna merah dna kuning ini sangat bagus karena mencakup energi dan kebijaksanaan. Warna orange termasuk warna cerah yang mampu membuat perasaan hati lebih baik, gembira dan mengurangi emosi negatif serta meningkatkan kemandirian dan kreativitas. Warna kulit jeruk ini berhubungan dengan cakra sakral yang berhubungan dengan kesejahteraan mental.

    Hijau

    Warna hijau sangat terkait dengan alam dan berada di tengah spektrum warna. Hal ini memberikan makna keseimbangan. Warna hijau terkait dengan cakra jantung yang mampu menguatkan jantung, paru-paru dan sistem pernapasan. Hijau juga mampu menenangkan syaraf, mencegah kecemasan, panik dan merangsang regenerasi sel dan jaringan. Warna daun ini juga memberi kesan dingin dan natural.

    Biru

    Warna yang identik dengan warna langit ini mengacu pada cakra tenggorokan yang juga memiliki efek menenangkan. Warna biru juga dapat membantu proses penyembuhan seperti menghentikan pendarahan, menurunkan demam, dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

    Putih

    Putih adalah simbol kemurnian, keutuhan dan kesatuan warna. Warna putih sering digunakan untuk mewakili warna religius karena dapat menimbulkan rasa aman, damai, dan bersih serta kesempurnaan. Warna ini sering digunakan untuk meditasi.

Anda pasti juga ingat fengshui yang juga merupakan salah satu keyakinan tentang kekuatan warna. Jika Anda ingin menerapkan warna ini di rumah Anda juga tidak masalah Ladies.

(vem/feb)