Sukses

Parenting

Kesehatan Gigi dan Gusi Berpengaruh pada Umur Kelahiran Bayi, Benar Nggak Ya? Bunda Perlu Baca Ini

Memelihara kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang tidak boleh kita sepelehkan. Sebab, kesehatan gigi dan gusi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan gigi dan gusi itu sendiri, tetapi juga merupakan faktor penentu bagi kesehatan janin kita.

Seperti disebutkan dalam laman www.dailymail.co.uk, dari banyak hasil penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa kesehatan gigi dan gusi ibu berpengaruh pada usia kelahiran bayi. Ibu yang memiliki masalah dengan kesehatan gigi dan gusinya lebih rentan mengalami peningkatan resiko bayi terlahir prematur dan berat badan yang kurang.

Masalah dalam kesehatan gigi umumnya adalah gigi goyang atau berlubang. Gigi goyang biasanya disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi, sementara gigi berlubang bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk makanan. Selain gigi, gusi juga tak luput dari gangguan kesehatan. Gangguan pada gusi ini biasanya disebabkan karena adanya peradangan yang akhirnya menimbulkan masalah pembengkakan atau gusi berdarah.

Masalah kesehatan gigi dan gusi seperti ini harus segera diatasi, jika Anda tak ingin bayi Anda terlahir prematur dan dengan berat badan yang rendah. Sebaiknya, konsultasikanlah selalu masalah kesehatan gigi dan gusi Anda kepada dokter Anda.

Hal tersebut penting. Sebab, seperti dikatakan oleh Dr. Nigel Carter, Eksekutif Kepala Asosiasi Kesehatan Gigi dan Mulut Inggris, wanita hamil seringkali mengalami perubahan hormon yang fluktuatif. Karena inilah, beberapa wanita hamil yang memiliki riwayat masalah pada kesehatan gigi dan gusi perlu mendapatkan perhatian khusus selama kehamilannya.

So, mengingat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi ini maka mulai sekarang Anda harus rajin mengontrol kesehatan gigi dan gusi ya? Hindari makanan-makanan yang dapat merusak gigi, bersihkan gigi secara rutin, dan periksakan kesehatan gigi dan gusi Anda kepada dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara berkala. Karena, gigi dan gusi yang sehat memiliki peranan yang penting bagi kesehatan bayi ataupun calon bayi kita. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading