Sukses

Parenting

Tips Memilih Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Walau sudah makan tiga kali sehari, pemberian kudapan sehat bagi si kecil juga penting untuk menanamkan kebiasaan makan sehat sejak dini. Di satu sisi, anak-anak juga memerlukan nutrisi yang cukup banyak untuk mencapai pertumbuhan badan dan perkembangan otak yang optimal. Hal ini menyebabkan anak mudah lapar dan lemas, sehingga diperlukan pemberian kudapan pada rentang waktu sebelum makan siang dan sore hari. Simak beberapa tips ini untuk memilih camilan sehat bagi si kecil.

Memilih Sayuran dan Buah-Buahan
Pilih sayuran atau buah-buahan untuk pilihan kudapan yang sehat dan lezat. Kandungan serat, air, vitamin, dan mineralnya baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Ada banyak variasi kudapan yang bisa dibuat dari sayuran maupun buah-buahan, mulai dari memakannya secara langsung, mengolahnya menjadi jus atau smoothie, hingga salad.

Siapkan Camilan Sehat
Simpan banyak potongan buah segar dan sayuran di kulkas, seperti melon, pir, wortel, dan seledri. Gunakan kantung atau wadah terpisah untuk menyimpannya. Bisa juga lho membuat granola bar atau trail mix, dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah. Cara ini tidak hanya menjamin kesehatan anak, tapi juga menghemat tenaga dan waktu dalam mempersiapkannya.

Bikin Lebih Menarik
Agar tidak cepat bosan dan tetap menarik bagi si kecil, sajikan kudapan secara berbeda setiap harinya. Menghidangkan kudapan bersama dengan saus cocolan, misalnya sayuran rebus dan saus mayonnaise, dapat membuat sajian makanan menjadi lebih menarik. Bosan makan buah potong? Haluskan dan bekukan sehingga menjadi es krim, atau campur dengan yogurt sehingga menjadi smoothies yang lezat.

Membaca Label Makanan
Jika tidak sempat menyajikan kudapan buatan sendiri di rumah, pastikan untuk memilih makanan yang rendah lemak, gula, garam, dan kalori. Biasakan untuk membaca label pada kemasan makanan sebelum membelinya. Terapkan aktivitas membaca label makanan ini saat membeli sereal, jus jeruk, atau roti, terlebih asupan yang diperkaya dengan Omega-3 atau DHA yang baik bagi otak.

Salah satu asupan berupa suplemen minyak hati ikan kod, yaitu Scott’s Emulsion Original dapat diberikan pada si kecil 15 ml atau satu sendok makan setiap hari. Suplemen ini mampu memenuhi 100% kebutuhan jumlah DHA dan EPA sesuai dengan yang dianjurkan untuk anak-anak.

Semoga tips-tips ini mempermudah dalam memberikan pilihan kudapan yang sehat bagi si kecil.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading