Sukses

Parenting

3 Jenis Permainan Mengasah Ingatan yang Mengasyikkan

Selain pemberian nutrisi untuk otak yang cukup, seperti DHA dan EPA, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk mengasah kecerdasan si kecil. Salah satunya melalui beragam permainan. Cara ini pas ditujukan untuk si kecil yang masih senang mengeksplor lingkunganya karena menyenangkan dan tidak pernah membosankan. Simak beberapa permainan berikut ini yang dapat digunakan untuk mengasah ingatannya.

Tebak Gambar

Gunakan flash card atau gambar yang bisa dicetak sendiri, gandakan sehingga ada 2 kartu dengan gambar yang sama. Tata kartu dengan gambar berada di bagian bawah. Minta si kecil untuk membaliknya, lalu mencari pasangan gambar tersebut. Jika ia menemukan pasangannya, dorong untuk menebak nama dari benda yang ada di gambar. Selain pas untuk mengisi waktu luang, permainan sederhana ini baik bagi perkembangan otak karena melatih memori dan konsentrasi.

ABC Dasar

Ada beberapa permainan yang bisa dilakukan untuk mengingat huruf. Menyanyikan lagu ABC bisa dilakukan di mana dan kapan saja, baik di kamar mandi sambil menuliskan huruf di atas busa sabun, hingga menebak jenis huruf yang dilihat saat berjalan-jalan. Manfaatkan juga buku atau flash card, dan minta si kecil untuk menebak jenis huruf yang ditunjukkan pada gambar tersebut. Sesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, agar permaianan tetap menyenangkan dan tidak membosankan.

Tebak Gerakan

Permainan ini sangat sesuai dimainkan oleh beberapa orang sekaligus. Kumpulkan kertas yang berisi gerakan apa yang akan ditebak, misalnya bangun tidur, makan mi, atau berlari di lapangan. Gunakan gerakan badan dan minta si kecil untuk menebak apa yang dimaksud. Agar semakin seru, jadikan sebagai kompetisi dengan membagi tim menjadi dua. Tim yang menebak paling cepat atau banyak, menjadi pemenangnya.

Mengasah otak tidak harus dilakukan lewat belajar di kelas atau mempelajari buku, tapi bisa juga lewat permainan yang menyenangkan. Kombinasikan dengan pemberian asupan yang bergizi khususnya yang kaya DHA. Anda dapat memenuhi 100% kebutuhan DHA dan EPA harian si kecil dengan memberikan 15 ml Scott’s Emulsion Original secara rutin setiap hari. Dengan Scott's Emulsion Original, yakinlah bahwa Anda telah membantunya untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading