Sukses

Parenting

5 Permainan Jadul Ajak Si Kecil Aktif Bergerak

Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Walau terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengasah kecerdasan otak, terlalu banyak memiliki screen time tidak baik untuk tumbuh kembangnya. Selain membuatnya malas melakukan kegiatan fisik, juga mempengaruhi keterampilan sosialnya. Yuk, ajak si kecil melakukan beberapa permainan jadul ini agar dia mau aktif bergerak.

Gobak Sodor
Dilakukan oleh 2 tim yang terdiri dari 2 orang atau lebih, permainan ini membutuhkan lahan yang cukup luas seperti. Namun bisa memanfaatkan carport atau halaman sekolah. Salah satu tim harus membuat benteng dan hanya bisa bergerak di garis tertentu, baik vertikal maupun horizontal. Sedangkan tim lainnya harus bergerak masuk melewati benteng yang telah dibuat, tanpa tersentuh. Selain membuat si kecil terus bergerak, permainan ini mengasah perkembangan otak karena perlu memikirkan strategi yang tepat.

Lompat Tali
Permainan ini biasanya menggunakan tali yang dibuat dari karet gelang dan dirangkai memanjang. Cara bermainnya adalah 2 orang memegang talinya dan menentukan tingginya. Pemain lainnya akan mencoba melompati tali. Jika mengenai tali tersebut, si kecil harus menggantikan pemain yang memegang tali. Jadikan permainan ini untuk melatih fisik si kecil yang seru dan menyenangkan dengan beragam target dan tantangan.

Engklek
Permainan ini dimulai dengan membuat gambar kotak-kotak di atas bidang datar untuk dilompati. Biasanya engklek dimainkan oleh 2-5 orang. Selain melatih keseimbangan tubuh, permainan ini cocok untuk mengajarkan cara mengantre dan berkompetisi yang baik.

Bentengan
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan, dengan menyentuh tiang atau pilar lawan, sambil meneriakkan kata “benteng”. Bentengan biasa dilakukan oleh 2 tim dengan beberapa orang di dalamnya, yang memiliki kecepatan berlari dan kemampuan memikirkan strategi. Karena cukup menguras tenaga, sediakan kudapan lezat yang tinggi DHA, seperti campuran satu sendok makan Scott’s Emulsion Original dalam smoothie rasberi. Setiap 15 ml Scott’s Emulsion Original mampu menambah jumlah DHA dan EPA hingga 100% sesuai dengan kebutuhan harian yang dianjurkan untuk anak-anak.

Petak Umpet
Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 orang saja, tapi jauh lebih seru jika dimainkan oleh 5 orang atau lebih. Dimulai dari salah satu anak menghitung sambil menutup mata, sedangkan yang lainnya akan bersembunyi. Setelah selesai menghitung, anak tersebut harus mencari temannya yang bersembunyi. Permainan ini cocok dilakukan di dalam maupun luar ruangan lho.

Seru kan permainan jadul ini, yuk perkenalkan pada si kecil untuk mengisi akhir pekan ini ya.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading