Sukses

Parenting

Kiat Membesarkan Anak Agar Tak Bersifat Materialistis

Tidak hanya berperan penting dalam menjaga kesehatannya, para orangtua juga punya tanggung jawab besar dalam membesarkan anak-anak. Salah satu sifat yang harus dihindari adalah materialistis. Di dunia yang serba canggih dan terbuka, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. Simak beberapa cara sederhana berikut ini ya.

Memberikan Panutan

Tanpa disadari, anak-anak tumbuh dengan meniru apapun yang mereka lihat dan dengar di lingkungannya. Oleh karena itu, cara termudah untuk membesarkan anak yang tidak bersifat materialistis adalah dengan menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Daripada mengisi akhir pekan dengan berbelanja di pusat perbelanjaan, lebih baik miliki lebih banyak waktu bersama keluarga di rumah, seperti memasak atau menonton film bersama. Selain itu, mengajaknya mendaur ulang barang atau memanfaatkan barang yang ada, juga mengajarkannya untuk berhemat, sekaligus mendorong daya kreativitasnya.

Berikan Pengertian

Si kecil merengek minta mainan baru hanya gara-gara teman-teman di sekolah memamerkannya. Ada baiknya memberikan pengertian padanya bahwa barang-barang yang dimilikinya sudah jauh lebih cukup. Selain itu, sebisa mungkin jauhkan dari lingkungan pergaulan, yang secara tidak langsung memaksanya untuk memiliki gadget terbaru atau memiliki merk fashion tertentu.

Asah Jiwa Sosial

Mengajak si kecil untuk bergabung pada komunitas sosial sejak dini tidak hanya memupuk kepekaan sosial, tapi juga mengajarkannya bahwa kebahagiaan tidak bisa diukur dengan banyaknya materi yang dimiliki. Cobalah untuk mengajaknya menyumbangkan barang pada orang-orang kurang mampu, atau mendorongnya untuk menyumbangkan mainan yang tak terpakai ke panti asuhan. Nice job!

Buka Diskusi

Bicarakan hal ini pada anak-anak, terutama yang usianya sudah cukup besar. Anak harus mendapatkan penjelasan, kenapa keinginannya untuk memiliki barang tertentu tidak selalu dipenuhi. Ajarkan juga bahwa untuk mendapatkan barang-barang tersebut dibutuhkan kerja keras, sehingga secara tidak langsung menanamkan nilai perjuangan untuk mendapatkan hal yang diinginkan.

Zona Bebas Komersial

Iklan atau komersial yang berseliweran di acara TV, majalah, atau koran, dapat mendorong anak-anak mengembangkan sifat materialistis. Untuk mengatasinya, sebisa mungkin lakukan pencegahan dengan mendampinginya setiap kali ia menonton atau membaca majalah. Selain itu, Ladies juga bisa berlangganan program TV yang bebas dari iklan.

Buat para orangtua yang masih kebingungan bagaimana membesarkan anak-anak agar tidak bersifat materialistis, ada event seru yang wajib didatengin. Ada tema Family Wisdom – Passing on Value & Wealth to the Next Generation, yang digelar pada tanggal 12 Mei di The Ritz-Carlton Pacific Place.

Acara bernama Wealth Wisdom The Essence of Wealth ini dibawakan oleh T.P Rachmat, salah satu pendiri dan mantan CEO PT Astra International, materi akan menitikberatkan pada perkembangan karakter dan nilai baik, yang akan mengarahkan anak-anak untuk mencapai sukses berkelanjutan. Info lebih lanjut, klik di sini ya.

 

 

(adv/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading