Sukses

Parenting

ASI Perah, Bertahan Berapa Lama Saat Ia Disimpan?

Seperti yang kita semua tahu, ASI merupakan asupan nutrisi paling baik buat bayi minimal hingga ia usia 6 bulan. Tak hanya merupakan asupan nutrisi yang mampu melepas dahaga bayi, ASI sekaligus sebagai makanan buat bayi. Buat bunda yang tak bekerja dan hanya di rumah menemani buah hati, memberikan ASI kepada bayi kapan pun mungkin sangat mudah dilakukan. Lantas, bagaimana jika bunda bekerja dan tak selalu ada di samping buah hati?

Tak perlu khawatir bunda, buat bunda yang sibuk bekerja dan masih ingin memberikan ASI buat buah hati, bunda bisa membersihkan ASI dengan cara memerahnya lalu menyimpan ASI untuk diberikan ke buah hati kapan pun.

Lantas, kira-kira berapa lama ASI boleh disimpan dan berapa lama ia bisa bertahan agar tetap menjadi minuman serta makanan sehat buat buah hati? Dari pengalaman beberapa sahabat yang telah memiliki buah hati dan dikutip dari berbagai sumber, ASI yang disimpan memiliki waktu bertahan berbeda-beda menyesuaikan tempat penyimpanannya. Berikut penjelasannya.

ASI yang disimpan dengan cara benar bisa bertahan hingga 12 bulan | Photo: Copyright phillyvoice.com

  1. ASI yang segar dan disimpan di suhu ruangan normal, ia dikatakan mampu bertahan hingga 6 jam. Tapi, jika suhu ruangan sangat panas, ASI dikatakan tidak bisa bertahan lebih dari 3 jam. Kalau pun ingin nutrisi dan kualitas ASI baik-baik saja, sangat disarankan agar kita menyimpannya di termos es atau freezer.
  2. Untuk ASI segar yang disimpan di termos es dengan tumpukan es di dalamnya, dikatakan hal ini akan membantunya bertahan hingga 1 hari. Tapi, jika es batu di dalam termos es mudah meleleh, disarankan agar es batu diganti dengan yang baru setiap 10 jam sekali atau bahkan kurang.
  3. Mengenai ASI yang disimpan di lemari es yakni bagian dalam lemari es (tempat sayur dan buah), dikatakan ini akan bertahan sekitar 5 sampai 8 hari. Tapi, jika ASI disimpan di pintu lemari es, ASI ini dikatakan tak akan bertahan lebih dari 3 hari. 
  4. Agar ASI bisa bertahan hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, ia bisa disimpan di freezer lemari es. ASI yang disimpan di freezer ini dipercaya mampu bertahan hingga 3-6 bulan. Bahkan nih ya, jika lemari es hanya digunakan untuk menyimpan ASI, ia bisa bertahan hingga 12 bulan dan kandungan serta nutrisinya tetap sehat. Ya, meskipun tak sesehat nutrisi jika ASI baru keluar dari payudara bunda.

Menurut penelitian, semakin lama ASI disimpan di lemari es atau di manapun itu, ini bisa mengurangi kandungan vitamin  di dalamnya. Ini juga bisa mengurangi khasiatnya sebagai pembunuh bakteri di tubuh bayi dan menurunkan kandungan lemak di dalamnya. Gimana nih bunda, sudah semakin tahu akan penyimpanan ASI dan berapa lama ia bertahan saat disimpan? Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading