14 Gejala ADHD pada Anak, Moms Wajib Tahu!

Fimela05 Sep 2017, 19:30 WIB
Gejala ADHD./Copyright pexels.com

Pernah dengar ADHD? Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta memiliki kesulitan atau hambatan dalam memusatkan perhatian. Kondisi ini merupakan gangguan kesehatan mental yang kompleks dan bisa memengaruhi keberhasilannya di sekolah dan juga dalam hubungan sosialnya.

Gejala ADHD ini bisa berbeda pada setiap anak. Seringkali seorang anak harus menjalani serangkaian proses evaluasi dan tes yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui apakah ia mengidap ADHD atau tidak. Dilansir dari healthline.com, gejala ADHD bisa mulai muncul saat seorang anak mencapai usia 7 tahun. Secara umum, gejala ADHD pada anak itu meliputi 14 hal ini. Yuk, moms pahami satu per satu.

1. Hanya Fokus pada Diri Sendiri
Salah satu gejala umum ADHD adalah tidak mampu mengenali atau memahami kebutuhan orang lain. Cenderung hanya fokus pada diri sendiri, cuma menuruti kemauan sendiri.

2. Suka Mengganggu
Anak dengan ADHD seringkali mengganggu orang lain. Seperti menyela obrolan atau mengikuti permainan yang dilakukan oleh orang lain.

3. Nggak Sabar Menunggu Giliran
Menunggu merupakan kegiatan yang paling dibenci. Saat antre atau menunggu giliran, seorang anak ADHD dikenal nggak sabaran.

4. Gampang Rewel
Saat masih kecil, sering tantrum atau rewel berlebihan. Ia juga sulit mengendalikan emosinya dan gampang marah tanpa alasan yang jelas.

5. Gampang Gelisah
Anak dengan ADHD susah sekali disuruh duduk diam. Dia gampang sekali gelisah dan nggak bisa tenang.

Waspadai gejalanya, ya moms./Copyright pexels.com

6. Susah Bermain dengan Tenang
Bermain dengan tenang sangat sulit dilakukan anak dengan ADHD.

7. Susah Mengerjakan Sesuatu dengan Tuntas
Anak ADHD bisa memiliki banyak minat dan hobi. Hanya saja memiliki kesulitan dalam menyelesaikan sesuatu sampai tuntas. Belum menyelesaikan satu hal, sudah berganti melakukan hal lain.

8. Susah untuk Fokus
Sering mendapati si kecil nggak mau fokus atau mendengar saat kita menasihatinya? Waspada ini juga tanda ADHD pada anak. Anak dengan ADHD biasanya memiliki kesulitan untuk memusatkan perhatian.

9. Nggak Betah Melakukan Sesuatu yang Membuatnya Berpikir Keras
Dia tidak bisa tenang dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Tak pernah bisa menyelesaikan PR atau tugas sekolah. Ini juga bisa jadi tanda ADHD. Segala sesuatu yang membutuhkan kemampuan mental untuk berpikir keras seringkali dihindari anak dengan ADHD ini.

10. Susah Mengikuti Instruksi
Anak dengan ADHD memiliki kesulitan dalam mengikuti instruksi atau menjalankan sebuah rencana. Sehingga ia sering melakukan banyak kesalahan, tapi ini bukan berarti ia pemalas atau kurang cerdas.

11. Sering Melamun
Anak dengan ADHD nggak selalu tipe yang suka bikin ribut atau bikin onar. Gejala lain ADHD adalah lebih pendiam dan sering menghindari teman-temannya. Ia cenderung lebih suka melamun dan mengabaikan semua hal yang terjadi di sekelilingnya.

12. Nggak Bisa Rapi dan Disiplin
Susah sekali baginya untuk lebih rapi atau disiplin mengikuti setiap rencana dan jadwal yang sudah dibuat.

13. Pelupa
Dia gampang lupa dengan PR, tugas sekolah, dan sebagainya. Bahkan bisa lupa dengan barang-barang yang dimilikinya, seperti mainannya.

14. Gejala yang Sama Muncul di Situasi Berbeda
Anak dengan ADHD akan memperlihatkan gejalanya tidak hanya di satu situasi saja. Misalnya, soal susah fokus, ia melakukannya tak hanya di sekolah tapi juga di rumah. Jadi semacam ada "konsistensi" di sini.

Setiap anak biasanya akan melewati masa tumbuh kembangnya dengan caranya sendiri. Hanya saja kita sebagai orang tua perlu lebih waspada bila anak menunjukkan gejala ADHD dalam kurun waktu yang lama dan berulang. Apalagi kalau perilakunya mulai mengganggu sekolah dan interaksi sosialnya, kita perlu memberi perhatian lebih padanya.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter atau psikolog untuk memonitor tumbuh kembang anak juga, ya moms. Semoga infonya bermanfaat.

(vem/nda)