Sukses

Parenting

Cegah Obesitas Pada Anak, Perhatikan 3 Tips Ini

Melihat anak gemuk tentu menggemaskan, namun berat badan berlebihan tidak baik untuk kesehatan anak. Obesitas pada anak dapat menyebabkan aneka penyakit kardiovaskular, kanker, asma, tekanan darah tinggi dan penyakit hari. Obesitas tidak hanya bisa berdampak pada munculnya penyakit pada anak. Obesitas yang dialami oleh anak dapat membuat mereka rendah diri, depresi, dan penurunan prestasi akademik di sekolah.

Well, mom untuk mencegah kemungkinan terjadinya obesitas pada anak berikut ini adalah cara untuk mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Ajak Si Kecil Aktif Bergerak

Biasakan diri pada anak untuk aktif bergerak. Pastikan anak bergerak aktif. Anak-anak yang aktif cendrung memiliki berat badan yang ideal. Gerak yang aktif akan membantu membakar kalori pada anak. Jika anak merasa bosan, mom dapat membuat aktivitas di luar ruangan yang menyenangkan buat anak.

Bergerak bebas/Copyright Shutterstock

Tidak hanya membuat anak terhindar obesitas, gerak aktif anak akan membantu anak lebih meningkatkan perkembangan sosialnya.

Mengatur Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang salah dapat menyebabkan obesitas pada anak. Pastikan saat anak mengonsumsi makanan yang banyak ia juga bergerak dengan aktif. Penuhi nutrisi anak dengan menjaga pola makannya. Perhatikan asupan buah dan sayur. Dengan asupan gizi yang seimbang anak akan menjadi lebih sehat dan masalah obesitas pun dapat dihindari.

Batasi Konsumsi Minuman Berpemanis Buatan

Selain memberikan makanan sehat, mom juga perlu memperhatikan minuman yang diberikan pada anak. Sebisa mungkin batasi minuman yang mengandung pemanis buatan. Konsumsi gula fruktosa berlebih bisa membuat berat badan anak naik dengan cepat. Jadi, setiap kali akan memberikannya makanan atau minuman, perhatikan komposisinya, ya. Hindari yang mengandung pemanis buatan.

Well, mom demikian 3 cara untuk mengurangi risiko obesitas pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anak dan mom.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading