Sukses

Parenting

Tips Jaga Berat Badan saat Hamil agar Tidak Kegemukan

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, perempuan cenderung akan menjadi lebih gemuk karena berpikir harus makan lebih banyak karena kebutuhan makan untuk berdua. Namun ternyata hal ini tak selalu benar untuk dilakukan. Penelitian menyebutkan bahwa menjaga berat badan saat hamil itu perlu karena kegemukan justru akan mengganggu pekembangan janin dan proses persalinan nanti.

Makan makanan bernutrisi setiap saat ketika hamil bisa jadi tantangan berat karena kondisi setiap ibu hamil tidak sama. Tak jarang bumil sering merasa lapar dan justru ngidam makan makanan tak sehat.

Oleh karena itu, dibutuhkan tips agar ibu tidak terlalu banyak makan dan bisa menjaga berat badan ideal selama hamil. Dilansir dari Parenting, ini yang bisa dilakukan.

1. Menjaga keinginan ngemil manis

Keinginan makan makanan manis sangat kuat ketika lapar. Ngidam makanan manis sangat sering dialami bumil karena perubahan hormon, dan perempuan dengan gestational diabetes cenderung lebih ingin makan makanan bergula. Untuk mengatasinya, makan buah-buahan dan susu. Dengan begini, ibu tetap bisa makan manis namun dalam batas sehat.

2. Hindari makan gorengan dan berlemak

Sebisa mungkin menyadari bahwa makan makanan yang digoreng dan tinggi lemak itu bikin gendut. Bukan berarti tak boleh makan sama sekali, hanya saja sadari batasannya. Cukup makan 1 potong ayam goreng atau gorengan jika sangat ingin. Stop di sini, tak perlu makan lagi. Selama sudah mencicipi, sudah baik. Selalu terapkan begitu.

3. Olahraga

Hamil bukan berarti berhenti olahraga. Justru ketika hamil perlu banyak olahraga. Sesuaikan dengan usia kehamilan, pilih olahraga yang ringan namun bisa melatih otot tubuh dengan baik seperti jalan kaki, berenang, yoga dan meditasi. Olahraga akan membantu membakar kalori dan menjaga berat badan ideal.

Makan secukupnya saat hamil itu perlu, jangan sampi berlebihan ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading