Sukses

Parenting

Ini Alasan Hamil Membuatmu Jadi Sering Kentut

Fimela.com, Jakarta Kentut adalah reaksi pencernaan yang wajar terjadi. Perut memang perlu mengeluarkan gas yang terbentuk dan tertahan di dalam perut. Seringkali kentut juga menjadi salah satu penanda kesehatan.

Namun khususnya saat hamil, perempuan jadi lebih kentut dan ini terkadang memalukan untuk diakui. Ternyata hal ini wajar terjadi pada ibu hamil. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Healthline, Sheryl Ross, M.D., an OB/GYN dan ahli kesehatan wanita menjelaskan bahwa sering kentut timbul karena pengaruh hormon progesteron. Karena tubuh memproduksi hormon progesteron lebih banyak untuk mendukung kehamilanmu, progesteron melemaskan otot-otot tubuh, termasuk di sistem pencernaan.

Melambatnya pergerakan otot usus menyebabkan pencernaan juga melambat. Hal ini menyebabkan gas terbentuk di dalam perut sehingga membuatmu merasa kembung, sering bersendawa dan kentut.

Dilansir dari American Pregnancy, perempuan hamil rata-rata kentut sebanayk 18 kali sehari. Ditambah lagi perut yang membesar juga akan menekan sistem pencernaan sehingga gas yang terbentuk di dalam perut akan lebih mudah ditekan keluar karena tak memiliki tempat untuk disimpan.

Jadi, itlah alasan mengapa hamil membuatmu lebih sering kentut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading