Sukses

Parenting

Bayi GTM Saat MPASI, Ibu Sebaiknya Bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Saat sudah memasuki masa memberikan makanan pengganti ASI atau MPASI tentu ibu akan menghadapi tantangan baru. Anak biasanya akan melakukan GTM alias gerakan tutup mulut. Jika sudah begini ibu biasanya akan panik. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan ibu agar tak bingung saat anak mulai GTM.

Bayi biasanya akan menahan makanannya sambil menangis, geleng-geleng kepala dan tutup mulut rapat-rapat. Jika sudah begini ibu akan dilema. Tiap ibu jelas ingin agar anaknya makan dengan lahap sesuai takaran. Lalu bagaimana mengatasinya?

  • Yang pertama sebagai ibu yang baru tak ada salahnya untuk sharing dengan yang lebih berpengalaman. Bertanyalah pada ibu yang sudah melewati masa ini. Tanyakan menu apa saja yang bisa diberikan agar si kecil nafsu makan. Jangan sungkan untuk banyak bertanya sial menunya, takaran, dan cara pengolahannya, serta penyajian..
  • Sejak awal biasakan anak mengonsumsi berbagai variasi menu. Padu padankan menu supaya anak tidak bosan. Ada yang menyarankan mencoba menu yang sama selama 3 hari untuk mengetahui indikasi alergi.
  • Ketahui cara makan yang disukai anak. Apakah dia suka makan dengan digendong, diajak jalan-jalan, sambil nyanyi dan bercerita, atau cara lainnya.

Ibu memang wajib lebih peka dan sadar. Ketahui apa yang anak mau. Bisa saja si dia tak mau makan karena sedang haus dan ingin minum dulu sebelum makan, atau sebab lainnya. Ibu wajib mengetahui kebutuhan dan kemauan si kecil. Kuncinya adalah sabar dan juga telaten.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading