Mom, Yuk Ketahui 3 Pilar Tumbuh Kembang Buah Hati Ini

Fimela13 Jul 2018, 09:40 WIB
copyright pexels.com/pixabay.com

Lima tahun pertama kehidupan merupakan waktu perkembangan otak anak. Pengalaman pertama anak mulai dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium, dan rasakan akan bertumbuh pesat pada si kecil.

Oleh karena itu, moms perlu memberikan banyak perhatian pada si kecil. Dampak positif dari perhatian yang moms berikan adalah kemampuan si kecil untuk bereksplorasi dan bersosialisasi, sesuai usia pertumbuhan. Nah, agar tumbuh kembang anak maksimal dan tak membuat para mom khawatir, ketahui tiga pilar atau peranan pola asuh berikut ini:

Nutrisi
Si kecil perlu perlindungan sebagai pondasi untuk tumbuh kembangnya dalam bereksplorasi. Perlindungan dari dalam bisa didapatkan dari susu. Pastikan susu yang dikonsumsi memiliki nutrisi bakteri baik atau Lactobacillus rhamnosus.

"Bakteri baik tersebut memberikan perlindungan dan menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, cerna, dan daya tahan tubuh yang teruji klinis," ujar Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow dalam acara Halal bi halal di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (12/07).

Stimulasi
Setelah pemenuhan nutrisi, pastikan moms memberikan sarana, ruang, dan waktu seluas-luasnya untuk si kecil bereksplorasi. Berikan pengalaman sebanyak mungkin pada anak, dengan tujuan untuk melatih kecerdasan si kecil. Salah satunya kemampuan menghadapi tantangan.

Cinta
Pilar ini tugas orang tua atau moms adalah memberikan kasih sayang. Membagi cinta sama rata antara satu anak dengan anak yang lain, sesuai dengan karakteristik si kecil. Ketika anak bereksplorasi, pastikan orang tua ikut aktif. Jangan lupa memberikan makna dengan penuh kasih pada si kecil atas apa yang sedang dilakukannya, agar anak merasa aman.

Itulah pilar tentang tumbuh kembang anak. Well moms, semoga kita semakin bijak dalam mengasuh, merawat dan memantau tumbuh kembang buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)