Pilih Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?

Fimela18 Jul 2018, 12:00 WIB

Sebagai seorang ibu yang selalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menjaga si kecil, pasti moms pernah merasa kewalahan untuk menjaga si kecil agar selalu tetap aman dan nyaman.

Pasti pernah terpikirkan oleh moms, baiknya apakah menitipkan anak kepada orang lain? Namun untuk saat ini yang bisa diandalkan hanya kakek-nenek dan pengasuh. Maka sebelum memutuskan untuk menitipkan anak kepada orang lain, baiknya pikirkan terlebih dahulu positif negatifnya jika menitipkan anak pada kakek-nenek ataupun pengasuh.

Dilansir dari haibunda, jika moms terpikir untuk meminta bantuan kakek dan nenek menjaga si kecil maka kondisi dan perkembangan anak jadi terpantau, keamanan anak lebih terjamin, hubungan anak dan kakek-nenek menjadi lebih dekat, dan anak akan mengenal nilai dan tradisi keluarga dari kakek nenek. Intinya anak akan terbiasa dengan nilai dan tradisi sama seperti yang diajarkan pada moms waktu kecil dan pastinya menitipkan pada kakek-nenek menjadi lebih terpercaya karena mereka adalah keluarga kita.

Sedangkan untuk negatifnya, kakek-nenek bisa saja tidak terlalu waspada dalam mengasuh anak dan merasa cepat lelah karena mereka sudah cukup tua. Selain itu, perbedaan aturan antara moms dan kakek-nenek bisa saja membuat anak bingung akan menerapkan aturan yang mana. Untuk itu perlu komunikasi agar hubungan orangtua dan kakek nenek tidak salah paham dan merenggang.

Sedangkan jika moms memilih untuk menitipkan anak pada pengasuh, maka pengasuh akan siap sedia 24 jam karena selalu berada di rumah dan anak juga merasa nyaman karena dirawat di lingkungan rumah yang familiar.

Selain itu, di jaman sekarang sangatlah mudah mencari jasa pengasuh. Namun yang menjadi negatifnya adalah anak akan lebih dekat dengan pengasuh. Hal yang harus selalu diingat adalah jangan terlalu percaya kepada pengasuh karena ada risiko keamanan anak dan lingkungan rumah yang dipertaruhkan.

Nah, setelah memahami positif dan negatifnya ada baiknya juga moms meminta saran kepada suami bagaimana solusinya. Jika sudah yakin maka moms bisa menentukan orang yang bisa dipercaya. Selain itu, moms juga harus tetap memantau perkembangan si kecil dengan selalu menjaga komunikasi agar bisa saling bertukar kabar. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)