Cara Ajarkan Anak Agar Tumbuh Jadi Sosok Percaya Diri

Fimela15 Agu 2018, 15:00 WIB
Ajarkan percaya diri/copyright Unsplash.com/Eye for Ebony

Seperti halnya mengajarkan sopan santun dan kedisiplinan terhadap anak, karakter percaya diri juga perlu ditanamkan dalam diri anak. Ini adalah bekal anak untuk bisa menghadapi kehidupan. Karena dimiliki atau tidaknya kepercayaan diri punya pengaruh besar terhadap bagaimana anak menjalani kehidupannya.

Sudah menjadi tugas orangtua untuk menanamkan kepercayaan diri anak sejak dini. Namun seperti apa orangtua bisa mengajarkan rasa percaya diri pada anak? Dilansir dari Mom Junction, salah satu cara sederhana menanamkannya adalah dengan memperlihatkan kata-kata sifat positif pada anak setiap hari.

Siapkan majalah, koran atau kertas dengan berbagai kata positif dan negatif di dalamnya seperti misalnya 'percaya diri', 'perhatian', 'baik', 'sabar', 'tepat waktu', 'telat', 'tak disiplin', 'pemarah' dan lain sebagainya.

Kemudian ajak anak menggunting satu per satu kata tersebut dan minta anak membedakan dan memisahkan manakah yang termasuk kata positif dan mana yang negatif. Setelah itu, minta anak untuk mendeskripsikan dirinya dalam secarik kertas menggunakan kata-kata tersebut. Sebelumnya, jelaskan dulu apa arti dari kata-kata sifat tersebut pada anak agar paham.

Setelah ia paham, minta anak untuk fokus pada gambaran positif tentang dirinya dan tempelkan kata-kata positif itu i kamarnya atau di foto anak.

Moms juga bisa memberikan pujian terhadap hal-hal baik yang ia lakukan di kehidupan sehari-hari, cara ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi anak untuk menjadi pribadi yang baik.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)