Tips Mendidik Anak Sehat dan Cerdas, Catat ya Mom

Fimela05 Mei 2018, 14:00 WIB
Anak Cerdas/copyright unsplash.com/@kazuend

Mom, memiliki anak sehat dan cerdas tentu adalah harapan setiap orang. Namun menjadi orangtua bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak halangan yang membuat mendidik bukanlah perkara yang mudah. Well, parenting memang tidak ada ilmu khususnya namun dapat dipelajari.

Nah, mom berikut ini adalah tips untuk mendidik dan agar sukses dan cerdas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ajarkan Anak untuk Memilih Kegemarannya

Agar anak sehat dan cerdas, biarkan ia memilih yang dia sukai. Dengan cara ini anak akan menjadi lebih bersemangat dan bertanggungjawab. Jangan batasi pilihannya. Latih dia untuk membuat keputusan.

2. Sedikit Membiarkan Dia dalam 'Bahaya'

Terlalu sering melarang si kecil melakukan satu hal akan membuatnya merasa tidak bebas. Jadi sesekali biarkan dia menghadapi bahaya. Pastikan mom mengawasinya tanpa terlalu keras melarangnya. Hal ini membantu meningkatkan rasa percaya diri.

3. Menjadi Teman Baiknya

Dengarkan semua ceritanya, berikan respon sehingga ia merasa dihargai kehadirannya. Well, menjadi teman baiknya akan membuat si kecil nyaman. Luangkan waktu bersama dan bersenang-senang bersama si kecil akan membantu ia tumbuh menjadi anak yang cerdas.

4. Tidak Membandingkan

Semua orang tidak suka dibandingkan, termasuk dengan anak-anak. Maka jangan sekalipun membandingkan anak dengan anak yang lain. Setiap anak memiliki keunikan yang berbeda, maka hargai hal tersebut. Perhatikan saja Moms, dan bantu dia memaksimalkan minat & bakatnya.

5. Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Anak lebih mudah mencontoh alih-alih mendengar. Maka saat menginginkan anak melakukan kebaikan, cobalah untuk berbuat baik di depannya. Misalnya jika si kecil ingin membuang sampah di tempat sampah, maka biasakan untuk membuang sampah di tempat sampah juga. Cara ini lebih efektif.

Nah, mom demikian 5 cara untuk mendidik anak menjadi cerdas dan sehat. Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

(vem/apl)