4 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Mencuci Baju Bayi Pakai Deterjen

Fimela12 Mei 2018, 14:00 WIB

Seperti yang kita tahu, kulit bayi yang baru lahir begitu sensitif. Beberapa bayi yang telah berusia 3 sampai 5 bulan tidak jarang juga akan tetap memiliki kulit sensitif. Jika kita memiliki bayi yang seperti ini, disarankan agar kita pandai-pandai merawat dan menjaganya. Kita juga harus pandai-pandai memilihkan baju, bedak, minyak telon hingga deterjen untuk mencuci baju-bajunya.

Melansir dari liputan6.com, Anita Amalia Sari, seorang dokter anak menyarankan agar orang tua memilihkan produk deterjen yang tepat buat buah hati. Usahakan agar tidak memilih deterjen yang mengandung pewarna maupun pewangi yang berlebihan. Juga, perhatikan kandungan di deterjen yang tetap bisa membuat serat kain jadi lebih lembut dan nyaman.

Setidaknya ada 4 hal yang penting diperhatikan saat mencuci baju bayi pakai deterjen mom. Apa saja hal tersebut? Simak yang berikut ini.

  1. Gunakan deterjen dengan kandungan zat kimia yang cukup ringan. Karena bayi memiliki kulit yang sensitif, penting bagi mom memilih deterjen yang non-biologis.
  2. Jika baju bayi terdapat noda, bersihkan dulu noda ini dengan membilasnya pakai air bersih atau merendamnya hingga noda yang ada benar-benar luntur. Jika noda sudah luntur, mom bisa mencuci baju bayi dengan deterjen namun sedikit saja. Bilas dengan air bersih. 
  3. Saat bayi menumpahkan makanan atau tinta serta apapun yang membuat bajunya ternoda, segera lepas baju bayi ini dari tubuhnya dari segera ganti dengan baju yang baru. Lekas rendam atau cuci baju bayi yang terdapat nodanya. Mencuci baju yang ternoda dengan cepat bisa menghilangkan noda dengan lebih cepat juga. 
  4. Setelah selesai mencuci baju dengan deterjen, berikan softener ke baju bayi. Memberikan softener ini akan membuat baju bayi tetap lembut, wangi dan nyaman di tubuh bayi. Meski begitu, pastikan untuk memilih softener dengan tingkat keharuman yang ringan, telah teruji secara dermatologis bahwa aman untuk bayi dan memang dirancang bagi kulit bayi yang sensitif.

Mom, jangan lupa untuk memperhatikan hal di atas demi memastikan kulit bayi yang sensitif tetap aman dan nyaman ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)