Sukses

Parenting

Memahami Anemia

Halo Moms, pasti anda telah mendengar kata anemia berkali-kali baik dari televisi, koran maupun majalah-majalah yang anda baca. Tetapi apakah anda tahu asal dari anemia itu sendiri?

Supaya kita bisa memahami anemia lebih lanjut, mari kita bahas sedikit mengenai bagaimana kita bernafas. Tubuh kita secara alami dan tidak sadar melakukan proses pernafasan karena pernafasan sangat penting demi kelangsungan hidup kita.

Tetapi dapatkan kita menhentikan proses pernafasan? Jawabannnya tentu saja bisa.

Menurut penjelasan yang diperoleh dari situs kidshealth.org, kita bisa secara sadar menghentikan proses pernafasan dan kita akan tetap merasa baik-baik saja, pada awalnya. Tapi seiring detik berjalan kita akan membutuhkan oksigen untuk masuk ke paru-paru dan kita akan dipaksa untuk meneruskan proses pernafasan karena rasa sesak jika diteruskan menahan nafas.

Dari ilustrasi di atas kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya fungsi oksigen bagi tubuh kita. Jika kadar oksigen berkurang karena kita berhenti bernafas maka seluruh tubuh akan merasakan akibatnya dan badan akan merasa terbebani.

Begitu juga dengan anemia, tetapi pada anemia tubuh kita kekurangan darah merah. Darah merah di pompa dari jangtung ke seluruh tubuh mengantarkan oksigen yang sangat penting bagi tubuh kita. Anemia berarti kurangnya sel-sel darah merah dalam tubuh kita dan juga berarti kurangnya jumlah oksigen yang di distribusikan ke seluruh tubuh.

Hal ini menimbulkan badan merasa lemah karena tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan untuk berfungsi secara optimal.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading