Sukses

Parenting

Mengapa Anak Autis Sulit Berkomunikasi

Salah satu tanda bahwa anak mengalami autisme adalah kemampuan berkomunikasi yang lemah. Penyebab kesulitan berkomunikasi pada anak autis baru-baru ini diungkapkan oleh sejumlah peneliti yang mempelajari hal tersebut.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, anak-anak penderita autisme kurang menyukai suara manusia, karenanya mereka kurang suka berbicara dengan orang lain yang berakibat pada kesulitan berkomunikasi.

Seperti yang diungkapkan oleh Daniel Abrams, pemimpin penelitian yang dari Stanford University di Palo Alto, ketika manusia berbicara dengan orang lain, manusia tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi mereka juga menyampaikan emosi dan isyarat sosial.

Pada anak autis, mereka tidak bisa menangkap isyarat yang diberikan oleh orang lain yang sedang berbicara padanya tersebut. Bahkan, mereka cenderung mengabaikan suara manusia.

Anak-anak penderita autisme tidak tuli, indera pendengaran mereka normal. Hanya saja terdapat masalah pada pemrosesan suara di otak mereka.

Saat penelitian berlangsung, para peneliti mengamati aktivitas otak anak-anak autis dengan melihat perubahan aliran darah yang mengalir ke otak. Setelah dilakukan penelitian pada 20 anak autis berumur 10 tahun yang memiliki IQ normal, ditemukan bahwa pada otak anak-anak autis ini, area yang bertugas merespon suara manusia memiliki hubungan yang lemah dengan dua area otak lainnya yang memproduksi respon terhadap suara manusia tersebut.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading