Cegah Anak Alami Obesitas

Fimela21 Jul 2013, 20:05 WIB

Ladies, pernahkah menitipkan anak-anak di rumah neneknya? Wah, mungkin beberapa ibu memang sering melakukan ini ya. Bisa jadi karena kesibukan yang menggunung, atau mungkin karena acara di luar kota yang tidak bisa ditinggalkan membuat Ladies harus terpaksa menitipkan mereka.

Wah, kalau di rumah nenek, pasti kita tidak perlu khawatir lagi soal keselamatannya ya. Tapi bagaimana dengan makanan mereka? Ya, ada fakta menarik tentang ini nih Ladies. Mungkin kita belum pernah mendengar fakta yang satu ini.

Seperti yang diberitakan oleh dailymail.co.uk, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity juga telah membenarkan kalau anak yang dititipkan di rumah nenek akan cenderung mengalami obesitas.

Dikatakan bahwa jumlah anak yang mengalami obesitas meningkat 2 kali lipat akhir-akhir ini. Mungkin saja hal ini terjadi karena si Nenek terlalu baik hati dan tidak tega kalau anak-anak meminta makanan.

Nah, kalau makanannya sehat, tentunya tidak masalah. Kalau misalnya terlalu banyak mengandung gula atau lemak? Ini yang perlu diwaspadai ya.

Secara detail penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa anak-anak yang dirawat oleh nenek atau kakeknya akan berpeluang mengalami obesitas sebesar 15% sampai dengan 34%.

Lalu bagaimana solusi terbaiknya, agar nenek tidak tersinggung, tapi anak juga tetap sehat?

Nah, harus lebih hati-hati nih. Caranya, usahakan membawakan makanan ketika akan menjenguk anak. Bawa makanan yang sehat ya, sayuran dan juga buah-buahan. Nah, mereka bisa makan bersama-sama. Lebih sehat, kan?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)