Sukses

Parenting

Bagaimana Menjaga Keamanan dan Kesehatan Bayi Prematur di Rumah?

Hal pertama yang perlu dilakuakn adalah dengan memastikan bahwa Anda menidurkan bayi Anda dalam posisi terlentang. Bayi terlahir prematur berisiko tinggi untuk mengalami cot death (SIDS) atau kematian di tempat tidur bayi dan risiko tersebut akan bertambah tinggi jiak bayi prematur ditidurkan dengan posisi tengkurap atau miring. Anda hanya dapat medurkan bayi prematur Anda dengan posisi tengkurap selama mereka terjaga dan setelah Anda memastikan bahwa otot leher mereka sudah cukup kuat.

Menurut situs babycentre.co.uk, bayi terlahir prematur biasanya memiliki kepala belakang yang rata. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi di mana tengkorak kepala mereka yang masih sangat empuk dan mereka menghabiskan banyak banyak waktu tidur dengan posisi terlentang selama mereka dirawat di dalam inkubator. Ketika bayi Anda sudah siap, posisi tengkurap dapat membantu membulatkan kembali secara alami kepala bayi prematur bayi Anda yang datar.

Bayi prematur juga sangat rentan dari serangan infeksi, apalagi ketika orang-orang di sekitar mereka terserang flu. Untuk mengurangi risiko infeki menyerang bayi prematur Anda, Anda dapat menjauhkan bayi prematur Anda dari orang-orang yang sedang terkena flu, bahkan termasuk pasangan Anda. Setelah itu, sebaiknya Anda mencuci tangan Anda secara berkala untuk menghentikan persebaran infeksi. Jika diperlukan, mintalah keluarga yang sedang berkunjung untuk melakukan hal yang sama jika mereka ingin menyentuh bayi Anda.

Yang paling penting, larang siapapun untuk merokok di dalam rumah Anda karena asap rokok dapat membahayakan paru-paru bayi prematur Anda.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading