Tips Mencegah Kegemukan Pada Anak

Fimela01 Sep 2013, 05:02 WIB

Ladies, untuk Anda yang khawatir apabila Anda mengalami kegemukan, berikut adalah tips untuk mencegah kegemukan sejak dini seperti dilansir oleh parenting.com.

Tindakan pencegahan yang pertama adalah dengan menyusui selama mungkin. Parenting.com melansir bahwa walaupun menyusui secara eksklusif hanya disarankan hingga bayi berumur 6 bulan, namun cengan menyusui pada saat bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat akan membuat bayi mudah kenyang sehingga mencegahnya makan secara berlebih.

Ladies, tips kedua yang dilansir dalam situs di atas adalah dengan mencoba membaca keinginan bayi saat Anda memberikan bayi susu formula. Caranya, Anda dapat menawarkan susu formula ketika bayi lapar saja, bukan berdasarkan jadwal. Dengan cara ini, keinginan bayi untuk makan akan terkendali karena ia hanya makan ketika lapar saja.

Berikutnya, parenting.com melansir bahwa Anda dapat mencegah kegemukan pada anak dengan cara membatasi konsumsi gula fruktosa pada makanan dan lemak trans yang dapat membuat berat badan anak naik dengan cepat.

Selanjutnya, laman sumber melansir bahwa ternyata jus buah menyediakan vitamin dan energi yang lebih baik untuk dikonsumsi anak daripada makanan atau minuman ringan yang justru mampu menaikkan berat badannya. Gula alami yang terkandung di dalam buah menjadi sumber energi utama anak yang juga tidak membuat anak gemuk.

Bagaimana Ladies, tipsnya mudah sekali bukan untuk dilakukan?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)