Sukses

Parenting

Ketuban Keruh Karena Hamil Lewat Waktu

Ketuban keruh bukanlah hal sepele yang dapat diabaikan oleh para ibu hamil. Mungkin pengaruh air ketuban keruh tidaklah dirasakan oleh ibu hamil, tapi secara langsung dirasakan oleh bayi. Bahkan akibar dari air ketuban keruh yang paling ditakutkan adalah kematian yang terjadi pada bayi sesaat setelah dilahirkan.

Oleh karena itu, Bunda perlu mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan keruhnya air ketuban. Salah satu penyebabnya yang nampak jelas adalah kehamilan yang melebihi batas waktu normal. Menurut laman buletinkesehatan.com, kehamilan yang melebihi batas normal, maka akan terjadi perubahan pada plasenta.

Normalnya, kehamilan berlangsung selama 37 sampai 42 minggu. Plasenta yang melebihi 42 minggu menjadi semakin tua dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Plasenta yang sudah tidak berfunsi juga menyebabkan janin kekurangan pasokan oksigen. Hal ini mengakibatkan resiko pecahnya ketuban dini dan terjadi infeksi pada bayi.

Sementara itu, dilansir dari bidanku.com, kehamilan lewat waktu dapat menyebabkan air ketuban berwarna hijau. Hal ini erat kaitannya dengan saluran pencernaan bayi yang sudah matang sehingga mengeluarkan mekonium. Mekonium inilah yang menyebabkan air ketuban berwarna hijau atau keruh.

Jadi Bunda, jika Anda sudah mengenali tanda-tanda atau kehamilan Anda sudah mencapai lebih dari 42 minggu, maka Anda perlu hati-hati terhadap keselamatan bayi Anda nantinya. Konsultasikan kepada dokter segera agar mendapatkan penanganan khusus.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading