Sukses

Parenting

Treatment Untuk Emboli Ketuban

Pasien dengan emboli ketuban memang sedang membutuhkan treatment khusus ya, Ladies. Kalau tidak, bisa fatal akibatnya. Nah, treatment yang seperti apa sih yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang mengalami emboli ketuban ini, Ladies?

Melansir ulang dari afesupport.org, sebenarnya tidak ada treatment khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya emboli ketuban ini. Yang bisa dilakukan oleh tenaga medis hanyalah menangani beberapa tanda yang ditampakkan oleh emboli ketuban ini.

Jadi, sebenarnya yang ditangani bukan emboli ketubannya, namun lebih kepada tanda-tandanya.

Sebagian besar ibu yang mengalami emboli ketuban ini memerlukan transfusi darah dan juga platelet sampai berkali-kali. Ladies sudah familiar dengan platelet?

Ya, platelet adalah potongan kecil dari sel yang ditemukan dalam darah yang terlepas dari sel besar yang ditemukan di sumsum tulang. Ini bertujuan untuk mengganti darah yang keluar, dan tak bisa berhenti karena kesulitan membeku.

Atau, kalau pendarahan sudah semakin parah, hysterectomy pun harus dilakukan. Ini adalah tindakan medis yang bertujuan untuk mengangkat rahim untuk menghentikan pendarahan dalam kondisi darurat.

Yang mengkhawatirkan, emboli ketuban ini bisa terjadi ketika ibu menjalani persalinan normal maupun sesar. Jadi, gak ada pengaruhnya ya, Ladies. Emboli ketuban tetap saja bisa mengancam.

Nah, untuk itulah, beberapa penelitian masih berusaha untuk menemukan cara-cara terbaru untuk meningkatkan peluang ibu hamil agar selamat ketika mengalami emboli ketuban ini, dengan tanpa mengalami komplikasi yang parah.

Emboli ketuban? Semoga tak pernah menghampiri kita ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading