Sukses

Parenting

Amankah Kehamilan Setelah Alami Emboli Ketuban?

Ladies sedang mengandung anak kedua? Apakah sebelumnya Ladies mengalami emboli ketuban? Nah, mungkin informasi berikut berguna ya.

Pertanyaan yang sangat mendasar sebenarnya adalah, aman apa gak sih kalau kita hamil lagi setelah mengalami emboli ketuban di proses persalinan sebelumnya? Atau, kita sebaiknya tidak hamil lagi untuk menghindari segala kemungkinan yang mungkin terjadi, Ladies?

Memang Ladies, research yang berhubungan dengan kehamilan setelah emboli ketuban sangat terbatas. Melansir ulang dari afesupport.org, The National Institutes of Health sudah melakukan review tentang hal ini di tahun 2009, dan saat itu ada 9 kasus kehamilan yang berjalan dengan lancar setelah ibu mengalami emboli ketuban.

Ini artinya, emboli ketuban ini ada kemungkinan untuk tidak terjadi lagi di persalinan berikutnya. Namun juga jangan lengah, Ladies. Konsultasi dengan dokter kepercayaan juga harus tetap dilakukan.

Namun, memang, emboli ketuban ini akan menjadi traumatik tersendiri untuk keluarga, sahabat, yang pasti, untuk Ladies sendiri yang mengalaminya. Jadi, keputusan untuk memiliki momongan lagi pasca mengalami emboli ketuban ini bisa jadi adalah keputusan yang sangat sulit untuk Ladies.

Nah, untuk itulah, Ladies sangat disarankan untuk berkonsultasi sebelum memutuskan untuk hamil dengan dokter spesialis kandungan. Kadang-kadang, dokter akan menyarankan untuk tidak hamil lagi. Ini karena mereka tidak bisa memprediksikan dan menjamin kesehatan Ladies.

Namun, sekali lagi, ini sepenuhnya keputusan Ladies. Dokter hanya bisa memberikan pertimbangan saja tentang pilihan-pilihan yang ada. Semoga bermanfaat ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading