Sukses

Parenting

Imunisasi Bayi HBV dan Kekebalan Jangka Panjang

Hepatitis B adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus hepatitis B. virus berbahaya ini menginfeksi bagian hati. Meskipun tidak menampakkan pengaruhnya, hepatitis B yang tidak terpantau bisa menyebabkan cirosis hati dan juga kanker hati lho, Moms. Maka dari itu, imunisasi bayi HBV perlu dilakukan 12 jam setelah bayi dilahirkan.

Imunisasi HBV pada bayi yang dilakukan sejak awal bertujuan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh bayi. Imunisasi HBV tidak hanya membentuk sistem pertahanan untuk waktu yang singkat saja, Moms. Menurut kidshealth.org, vaksin untuk HBV memiliki tujuan akhir untuk memberikan sistem kekebalan tubuh jangka panjang sehingga apabila ada resiko terjadinya serangan hepatitis, anda tidak perlu lagi khawatir terhadap buah hati anda.

Pemberian imunisasi HBV secara berkala sebelum buah hati anda dewasa akan melindungi anak-anak dari serangan hepatitis B, sejak dia masih kecil hingga dewasa, Moms. Selain untuk hepatitis B, imunisasi HBV juga menurunkan kemungkinan resiko cirosis hati, penyakit hati kronis, dan kanker hati yang merupakan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian,

Apabila buah hati anda belum sempat mendapatkan imunisasi HBV paska persalinan, anda bisa memberikan imunisasi HBV kapanpun. Tidak ada batas pemberian imunisasi HBV kok, Moms. Yang penting adalah anda dan buah hati anda mendapatkan perlindungan atas penyakit yang sangat berbahaya ini.

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading