Sukses

Parenting

Tips Perawatan Operasi Caesar: Domestic Care

Setelah Anda meninggalkan rumah sakit, perawatan operasi caesar masih dilanjutkan di rumah berdasar saran dan anjuran dokter atau ahli kesehatan Anda.

Saat Bunda dalam masa pemulihan, sebaiknya tinggalkanlah atau lupakan sejenak yang namanya pekerjaan rumah. Hal ini dikarenakan kesehatan Anda lebih penting saat ini dan bayi Anda juga jauh membutuhkan keberadaan Anda di sisinya. Bunda bisa menyerahkan pekerjaan rumah pada pembantu atau anggota keluarga lainnya hanya untuk sementara ini.

Ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan ketika melakukan perawatan operasi caesar di rumah sendiri. Dilansir dari laman americanpregnancy.org, beberapa hal tersebut adalah:

- Membatasi aktivitas yang dapat Anda lakukan sampai dokter atau ahli kesehatan Anda menyarankan untuk meningkatkan kegiatan Anda. Caranya seperti tadi ya Bunda. Bagi beban pekerjaan mengurus rumah yang menjadi kewajiban Anda kepada tangan -tangan yang Anda percayai.

- Gunakan extra-absorbent menstrual pads. Ini disebabkan pendarahan yang Anda alami dapat mengalami peningkatan dengan cepat karena adanya perubahan posisi dan aktivitas yang Anda lakukan. Berdasar kemungkinan ini juga, Bunda perlu membatasi pergerakan dan atau aktivitas fisik yang membuat Anda banyak bergerak

- Minum air mineral yang banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Jangan lupa juga konsumsi makanan yang sehat dan berserat tinggi untuk membantu mempercepat proses pemulihan kesehatan Anda.

- Tempatkan makanan maupun healthy snack berada dalam jangkauan sehingga Bunda tidak perlu terlalu banyak bergerak untuk mengambilnya.

- Selalu siap siaga kapanpun rasa sakit yang tidak wajar dan atau berlebihan muncul. Bisa saja hal tersebut merupakan tanda atau gejala infeksi.

Nah, begitu tips melakukan perawatan pasca operasi caesar ketika Bunda sudah diperbolehkan pulang oleh dokter. Semoga bisa membantu ya Moms.

 

Oleh: Rizana

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading