Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Parenting

Waspada, Kelebihan Olahraga Bisa Menyebabkan Kemandulan

Fimela.com, Jakarta Olaharga menjadi aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin demi dapatkan tubuh sehat. Saat olahraga, disarankan agar kita melakukan olahraga secukupnya atau tidak berlebihan. Melansir dari laman hamil.co.id, olahraga yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kemandulan.

Bagi pasangan suami istri yang baru menikah atau telah meikah dalam waktu lama, risiko kemadulan adalah hal yang sangat ditakuti dan membuat cemas. Kemandulan bahkan bisa menyebabkan hubungan yang ada terasa hambar, tidak nyaman hingga berakhir di tengah jalan.

Mengenai risiko kemandulan, para ahli menyebutkan jika risiko ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan buruk melakukan olahraga berat secara berlebihan. Olahraga berat yang berlebihan bisa mempengaruhi jumlah hormon dalam tubuh. Ketika hormon di tubuh tidak stabil, ini akan membuat perempuan maupun pria mengalami risiko mandul lebih tinggi.

Olahraga berat yang bisa meningkatkan risiko mandul sendiri antara lain adalah kardio dan angkat beban berat. Tak hanya olahraga berlebihan yang bisa menyebabkan mandul, ada beberapa aktivitas lain yang juga bisa meningkatkan risiko mandul. Aktivitas tersebut antara lain kebiasaan buruk begadang, konsumsi kafein berlebihan, konsumsi makanan cepat saji secara terus menerus, kebiasaan merokok dan melakukan seks bebas.

Agar terhindar dari risiko kemandulan, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat dan menghindari segala hal buruk di atas. Pastikan untuk menutrisi tubuh dengan baik agar kesuburan tubuh terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading