Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Menstruasi Tak Teratur

Ivana Okta20 Jan 2019, 09:45 WIB
Diperbarui 20 Jan 2019, 09:45 WIB
Haid

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang bisa menyebabkan siklus haid seorang perempuan tak teratur. Tidak cuma stres saja, nyatanya kebiasaan kurang tidur juga sangat berpengaruh lho Sahabat Fimela.

Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan di Sleep Medicine, perempuan yang bekerja dengan jam yang tidak teratur (misalnya kerja dengan sistem shift) memiliki kecenderungan siklus haidnya nggak teratur. Ini karena ternyata mengubah jam biologis tubuh bisa memengaruhi hormon-hormon reproduktif yang memengaruhi ovulasi dan menstruasi.

Jam tidur yang tidak teratur alias berantakan ini membuat kadar melatonin melemah. Hormon melatonin ini memiliki peran penting dalam regulasi siklus tidur, menjaga kesehatan sel, menjaga keteraturan dan stabilitas metabolisme sel, memperlancar aliran darah yang dalam hal ini berpengaruh terhadap kelancaran siklus menstruasi perempuan.

Menjaga pola tidur yang sehat menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan siklus haid teratur. Jika memang harus bekerja di malam hari cara untuk mengakali jam biologis ini adalah dengan saat tidur di siang hari usahakan berada dalam kamar yang gelap. Dengan begini tubuh akan mengira dirimu sedang berisitirahat malam.